KRAM PERUT SAAT HAMIL YANG HARUS DIKETAHUI PEREMPUAN

Kram perut adalah hal yang sering terjadi pada ibu hamil. Saat hamil, mungkin ibu mengalami keluhan nyeri di perut yang tak kunjung hilang. Seiring dengan bertambah besarnya ukuran perut, akan ada banyak perkembangan yang terjadi. Besarnya ukuran perut akan menekan area di sekitar perut sehingga mengakibatkan munculnya kram atau kontraksi. Kondisi ini, terkadang normal namun bisa jadi tidak normal. Oleh karenanya, penting untuk mengenali kram perut yang dirasakan saat hamil.

Kram Aktif

Jenis kram yang pertama adalah kram aktif. Kran ini muncul saat seorang wanita akan melahirkan. Biasanya, kram ini terjadi beberapa hari menjelang persalinan dan berlangsung selama kurang lebih 1 menit dengan intensitas yang cukup tinggi. Kram ini terjadi setiap 3-5 menit sekali dan akan terus terasa karena kepala dari janin yang terus menekan hingga akhirnya keluar dari serviks. Untuk mengatasi sakitnya, biasanya dokter maupun bidan akan memberikan suntikan agar kuat menahan sakit.

Kram Menjelang Persalinan

Selanjutnya adalah kram menjelang persalinan. Saat menjelang persalinan, mungkin ibu hamil sudah mulai merasakan kram perut meskipun intensitas tidak terlalu tinggi. Hal ini dapat terjadi karena adanya pergerakan dari bayi yang mungkin menendang atau menekan permukaan perut dari ibu. Ibu hamil akan merasakan sakit di bagian punggung dan pinggul terasa tidak nyaman.

Kram Prodromal

Yang ketiga adalah kram persalinan prodromal. Kram ini dapat mulai dirasakan ketika persalinan tinggal beberapa minggu lagi. Rasa sakit pada perut akan muncul bila ibu hamil berjalan atau duduk terlalu lama. Meskipun kontraksi sudah terasa kuat, namun ibu hamil belum akan melahirkan ditandai dengan belum adanya perubahan pada serviks.

Braxton Hicks

Yang terakhir adalah kram braxton hicks. Braxton hicks sering dikenal juga sebagai kontraksi palsu karena kemunculannya yang intens dan mirip dengan kram aktif. Namun, bedanya, braxton hicks tidak muncul secara beraturan. Rasa nyerinya pun akan menghilang apabila ibu hamil berjalan atau berbaring sejenak. Penyebab kram ini adalah dehidrasi yang cukup akut, atau terlalu kelelahan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengabaikan kesehatan ya.