4 MAKANAN YANG AMPUH UNTUK LAWAN FLU

Pada masa-masa pergantian musim seperti sekarang ini Anda wajib waspada terhadap serangan virus influenza. Disadari atau tidak, di peralihan musim seperti sekarang ini, manusia lebih rentan terserang flu dan demam. Hal ini bisa terjadi karena pada pergantian musim, virus influenza bisa bertahan lebih lama dibandingkan ketika musim kemarau. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh agar tidak mudah tertular flu.

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah Anda terserang flu. Ketika satu orang saja terserang flu di keluarga Anda, bisa dipastikan bahwa selanjutnya anggota keluarga lainnya pun akan tertular. Oleh karena itu, Anda harus memberikan asupan makanan yang tepat agar daya tahan tubuh selalu terjaga. Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda siapkan untuk melawan infeksi virus influenza.

Dapatkan Zinc Dari Daging

Salah satu zat yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah zinc. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Society for Nutritional Sciences, kekurangan zinc akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Banyak jenis makanan yang bisa menjadi sumber zinc namun yang utama tentu saja daging.  Menu olahan daging bisa Anda pilih agar kebutuhan zinc tubuh terpenuhi. Anda bisa mencoba memasak steak, sate, atau rendang sebagai variasi menu agar tidak terserang flu.

Melawan Flu dengan Ubi

Selain daging, Anda juga bisa mengkonsumsi ubi. Ubi adalah jenis makanan tradisional yang dipercaya dapat melawan virus flu. Hal ini mungkin terjadi karena ubi merupakan sumber vitamin A yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan selaput lendir. Saat selaput lendir berada dalam kondisi yang baik, sistem imun Anda akan berhasil mencegah virus untuk menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda bisa merebus ubi atau mengolahnya menjadi bubur agar kesehatan tetap terjaga.

Sayuran Hijau Percepat Penyembuhan

Di samping dua jenis menu di atas, sayuran hijau juga sangat penting jika Anda ingin tetap sehat. Bayam, kale, kangkung, atau sayuran berwarna hijau lainnya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sumber vitamin C. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memperoleh asupan vitamin C yang cukup akan membantu mempercepat proses penyembuhan flu. Jadi, sebaiknya Anda memilih sayuran tersebut sebagai pilihan menu untuk melawan flu.

Menangkan dengan Sup Ayam

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan yaitu sup ayam. Saat sedang flu, tentunya Anda ingin memakan sesuatu yang hangat dan berkuah. Nah, daripada makan yang tidak-tidak, lebih baik Anda membuat sup ayam yang hangat. Kehangatan sup sangat membantu untuk meningkatkan suhu tubuh Anda sehingga dahak bisa keluar. Selain itu, berbagai sayuran yang dipakai dalam sup juga akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain ayam, Anda juga bisa menggantinya dengan salmon atau ikan-ikanan yang kaya akan vitamin D. 



Sumber: Dailyburn.com