LEBIH SEHAT BERKUMUR PAKAI MOUTHWASH ATAU AIR BIASA YA?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selalu menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk membunuh kuman yang bersarang di gigi. Namun, bila Anda merasa ada yang kurang, mungkin Anda bisa menambahkan obat kumur atau mouthwash sebagai perlengkapan membersihkan gigi. Berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan gigi. Lalu, apa saja keuntungan berkumur dengan obat kumur?

Menjaga Kesehatan Gigi

Obat kumur dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan gusi. Banyak orang yang mengalami masalah pada gusi namun tidak benar-benar mengatasinya. Padahal, masalah pada gusi dapat berubah menjadi penyakit yang lebih serius apabila tidak diatasi segera. Namun, tentunya sedikit susah bila membersihkan gusi dengan sikat karena justru akan melukai gusi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membersihkannya dengan obat kumur agar kuman yang bersarang di sela gusi dapat dibunuh dengan efektif.

Menyegarkan Napas

Selain itu, ada kalanya bau mulut menjadi masalah yang mengganggu bagi Anda, terutama bila Anda harus bertemu dengan banyak orang. Menyikat gigi memang membantu untuk menyegarkan napas, tapi tentunya akan merepotkan bila Anda harus membawa sikat dan pasta gigi kemanapun Anda pergi. Akan lebih praktis bagi Anda untuk membawa sebotol kecil obat kumur yang bisa Anda gunakan kapanpun Anda membutuhkannya.

Meredakan Sariawan

Saat terserang sariawan, bisa dipastikan bahwa luka terasa perih dan mengganggu. Padahal sariawan tidak bisa pergi begitu saja. Untuk mengurangi rasa perihnya, akan lebih baik bagi Anda untuk berkumur dengan obat kumur. Obat kumur dapat membantu meredakan perih pada sariawan, Dengan begitu, Anda tidak perlu terganggu lagi dengan perihnya sariawan.

Mengurangi Gigi Berlubang

Obat kumur atau mouthwash yang mengandung fluoride juga dapat membantu Anda untuk mengurangi resiko gigi berlubang. Selain itu, bagi ibu hamil, resiko terjadi peradangan gusi sangat tinggi. Oleh karena itu, berkumur dengan obat kumur dapat membantu untuk mengurangi resikonya. Obat kumur sebaiknya digunakan saat memerlukan saja, seperti saat terserang peradangan gusi, ada indikasi gigi rusak, bau mulut, sakit periodontal saat hamil, gigi berlubang, dan banyaknya bakteri yang berkumpul karena operasi gigi. Jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter gigi untuk mengetahui jenis obat kumur yang sebaiknya Anda gunakan.


Sumber: Carefreedental.com