DAGING LEZAT, AWAS BIKIN ASAM URAT KUMAT!

Semakin berumur, Anda harus semakin waspada dengan kondisi kesehatan Anda. Organ-organ dalam tubuh akan semakin berkurang fungsinya sehingga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Selain itu, apa yang Anda makan juga merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Salah satu penyakit yang muncul karena apa yang Anda makan adalah asam urat. Tentunya Anda sudah sering mendengar penyakit ini dan mungkin Anda bahkan sudah terserang penyakit asam urat. Namun, akan lebih baik bila Anda mengenal lebih lanjut mengenai penyakit asam urat.

Asam urat adalah rasa sakit yang mendadak dan terasa parah pada sendi hingga memerah dan melemah. Biasanya, asam urat terjadi pada sendi jempol kaki. Pria memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit asam urat bila dibandingkan wanita. Namun, resiko pada wanita semakin meningkat ketika sudah memasuki masa menopause. Anda tidak dapat memprediksi rasa sakit yang disebabkan asam urat. Sendi yang terserang asam urat terasa panas, bengkak, dan lemah bahkan bila tersentuh sakitnya luar biasa.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Anda bisa terserang asam urat. Penyakit ini dapat terjadi karena kristal-kristal asam urat yang berkumpul di sendi. Kristal-kristal tersebut menyebabkan peradangan dan sakit yang luar biasa di area sendi. Level asam urat dalam darah dapat meningkat apabila Anda mengkonsumsi makanan seperti jeroan, makanan laut, atau daging merah. Selain itu, bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, obesitas, dan memiliki riwayat keluarga yang mengidap asam urat, maka mereka akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terserang penyakit asam urat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu waspada dengan penyakit yang satu ini.

Ada beberapa gejala asam urat yang perlu Anda waspadai:

  • Sakit Pada Sendi - Asam urat biasanya menyerang sendi pada jempol kaki, namun bisa juga terasa sakit pada sendi tangan, kaki, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan.

  • Sendi Terasa Tidak Nyaman - Setelah rasa sakitnya menghilang, kemudian Anda akan merasakan tidak nyaman pada sendi selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

  • Bengkak dan Memerah - Sendi yang terserang asam urat menjadi bengkak, merah, terasa panas, dan lemas.

  • Gerak Terbatas - Kemampuan sendi untuk bergerak jauh berkurang seiring dengan bertambah parahnya asam urat.

Apabila Anda merasakan berbagai gejala di atas, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter. Dokter akan memeriksa dan memutuskan penanganan yang tepat agar Anda tidak merasakan sakitnya lagi. Satu lagi, jika Anda mengkonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut segera karena dapat memperparah penyakit Anda.


Sumber: Mayoclinic.org