TAK HANYA KALSIUM. 5 NUTRISI INI WAJIB DIBERIKAN PADA ANAK!

Orangtua tentunya menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat. Si kecil harus diperhatikan pertumbuhannya karena masa-masa pertumbuhan yang pesat adalah saat masih anak-anak, termasuk pertumbuhan tulangnya. Agar tulang tumbuh dengan maksimal, tentunya kalsium sangat dibutuhkan. Namun, ternyata selain kalsium ada beberapa asupan nutrisi lainnya yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Fosfor : Fosfor adalah jenis mineral yang dibutuhkan oleh tulang. Zat fosfor dapat menghambat produksi garam kalsium yang dapat menyebabkan tulang menjadi lemak. Untuk mendapatkan fosfor, ada berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi, seperti keju, biji-bijian, ikan salmon, dan yoghurt rendah lemak.

2. Potassium: Meskipun jarang disebut, ternyata tulang juga membutuhkan potassium. Bila tulang mendapat asupan potassium, maka resiko pengeroposan tulang akan menurun. Selain itu, tulang juga dapat membantu menetralkan asam metabolisme. Berbagai makanan yang tinggi akan potassium adalah alpukat, labu, ubi, salmon, air kelapa, dan juga pisang.

3. Vitamin D: Peran vitamin D tak kalah penting dengan kalsium. Vitamin D membantu tulang untuk meningkatkan daya serap kalsium dalam tubuh. Dengan demikian tulang dapat tumbuh dengan optimal. Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari.

4. Vitamin K: Seperti yang kita tahu, vitamin K memang berfungsi untuk membantu pembekuan darah. Padahal, tugas vitamin K ternyata juga bisa berperan penting dalam memproduksi protein yang dapat mempertahankan kekuatan tulang. Makanan dengan kandungan Vitamin K tertinggi adalah kobis, kale, dan berbagai sayuran hijau lainnya.

5. Magnesium: Mineral yang satu ini juga tak kalah penting untuk mendukung pertumbuhan tulang. Magnesium bertugas mengubah vitamin D agar menjadi aktif untuk menyerap kalsium. Oleh karena itu, vitamin D tidak bisa bekerja bila tubuh kekurangan magnesium. Agar tubuh dapat menyerap magnesium, ada berbagai makanan yang dapat dikonsumsi seperti sayuran hijau seperti bayam, kemudian buah bit, biji labu, dan masih banyak lainnya.


Sumber: Berbagai sumber