JANGAN SIA-SIAKAN AIR PUTIH, INI DIA CARA MINUMNYA!

Apakah Anda jarang minum air putih? Banyak orang yang jarang minum air putih karena mereka tidak berpikir panjang terhadap kesehatan. Air putih adalah salah satu asupan yang penting agar tubuh terhidrasi. Selain itu, air putih juga akan membantu proses metabolisme. Oleh karena itu, tentu Anda sudah paham betapa pentingnya air putih dalam kehidupan.

Satu hal yang disayangkan, ternyata minum air putih pun ada caranya lho. Jika tidak dilakukan dengan benar, air minum yang dikonsumsi tidak akan terserap oleh tubuh dengan baik. Berikut ini adalah cara minum air yang benar dan harus dipraktekkan dalam hidup Anda.

1. Duduklah saat minum air putih. Hal ini banyak disepelekan, tapi jika Anda minum air putih sambil berdiri, air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring sehingga berbahaya bagi ginjal.

2. Minumlah air putih yang bersuhu ruangan atau air hangat. Air es dapat menyebabkan kontraksi pada pencernaan.

3. Sebaiknya minum air putih 30 menit sebelum makan. Jangan minum saat sedang atau setelah makan karena dapat melemahkan cairan pencernaan.

4. Saat minum, sebaiknya minum secara perlahan seteguk demi seteguk, serap perlahan-lahan, telan, napas, kemudian ulangi.

5. Bagilah asupan minum harian menjadi beberapa waktu.

6. Sebaiknya, minumlah saat Anda merasa haus karena rasa haus yang Anda rasakan merupakan pertanda bahwa tubuh kurang cairan.

7. Kebutuhan akan cairan setiap orang tentu berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh.

8. Cek warna air seni untuk mengetahui apakah kebutuhan cairan tubuh Anda sudah terpenuhi. Air seni yang berwarna kuning bening menandakan bahwa kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi.

9. Bibir yang terlihat kering juga bisa menjadi penanda kurangnya cairan tubuh. Segera minum agar Anda tidak dehidrasi.

10. Pastikan tidak mengisi perut hingga penuh. Sebaiknya, isi perut dengan 50% makanan, 25% air, dan 25% kosong.


Sumber: Detik.com