RAJIN TIMBANG BADAN TIAP PAGI JUSTRU SUKSESKAN DIET

Banyak orang memilih untuk bangun pagi karena badan terasa lebih segar apabila bangun pagi. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bangun pagi secara rutin. Bahkan, CEO perusahaan raksasa di seluruh dunia pun juga menyukai bangun pagi. Sebuah riset di University of Leipzig di tahun 2009 bahkan menyatakan bahwa mereka yang bangun pagi akan lebih proaktif dibandingkan mereka yang senang beraktivitas di malam hari. Meskipun demikian, bila Anda bangun pagi tanpa memanfaatkan waktu dengan baik, yang ada Anda malah justru bertambah gemuk. Berikut ini adalah beberapa aktivitas di pagi hari yang bisa menyebabkan Anda bertambah gemuk.

Melanjutkan Tidur

Terkadang, meski sudah terbangun, Anda menunda-nunda untuk berkegiatan. Entah masih bermain handphone atau menonton televisi. Tak jarang Anda mungkin melanjutkan tidur atau tertidur karena suasana mendukung untuk bermalas-malasan. Nah, penting untuk tahu bahwa kegiatan bermalas-malasan di kasur meskipun sudah terbangun ini akan membuat berat badan Anda bertambah.

Tidak Menyalakan Lampu

Tidur dengan keadaan kamar yg gelap memang lebih nyaman bagi sebagian besar orang. Saat pagi tiba, beberapa orang cenderung malas menyalakan lampu. Kebiasaan ini harus segera dihindari karena pada pagi hari sebaiknya tubuh menerima sinar yang cukup. Jika Anda tidak ingin menyalakan lampu, Anda bisa membuka jendela agar sinar matahari bisa masuk. Dengan demikian, Anda bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

Malas Menata Tempat Tidur

National Sleep Foundation melakukan survei yang menemukan bahwa mereka yang senang menata tempat tidur akan lebih mudah untuk tidur nyenyak. Mendapatkan tidur yang nyenyak akan sangat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Melewatkan Sarapan

Banyak orang yang menghindari sarapan karena mereka sedang diet. Namun, fakta yang ditemukan peneliti dari Tel Aviv University menemukan bahwa mereka yang sarapan dengan gizi seimbang akan kenyang lebih lama dari mereka yang sarapan dengan makanan rendah kalori. Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan massa tubuh karena saat makan siang justru akan kalap dan makan banyak.

Malas Menimbang Berat Badan

Waktu yang tepat untuk menimbang berat badan adalah saat bangun tidur. Riset dari Cornell University menemukan bahwa mereka yang tiap pagi rajin menimbang berat badan akan lebih mudah menurunkan berat badan. Selain karena lebih akurat, menimbang berat badan di pagi hari justru membantu Anda untuk mengontrol apa yang Anda makan selama seharian penuh.


Sumber: Kompas.com