BENDA INI TERNYATA TAK BOLEH DIPINJAMKAN! DAPAT SEBARKAN BAKTERI!

Tidak diragukan lagi bahwa ada beberapa jenis barang yang sering kita pakai bergantian dengan orang lain. Namun, ternyata meskipun berbagi itu indah, ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak kita gunakan secara bergantian dengan orang lain. Hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan yang dapat mengintai akibat menggunakan barang-barang tersebut secara bergantian. Apa saja ya barangnya?

Gunting Kuku

Pasti Anda sering meminjam atau meminjamkan gunting kuku ke teman maupun anggota keluarga lainnya. Padahal, gunting kuku tidak disarankan untuk dipinjamkan ke orang lain sebab gunting kuku bisa menjadi vektor infeksi. Dengan menggunakan gunting kuku orang lain, terdapat risiko tertular penyakit jamur dan HPV.

Anting-Anting

Sebagian besar orang, khususnya perempuan, sering saling meminjam aksesoris seperti anting-anting. Meminjam anting-anting sangat tidak disarankan karena di telinga terdapat banyak pembuluh darah. Penyakit dapat ditularkan dengan mudah hanya karena meminjam anting-anting. Sebaiknya bersihkan dulu dengan alkohol sebelum memakai anting-anting milik orang lain.

Lip Balm

Cuaca yang kering terkadang harus membuat Anda mengaplikasikan lip balm. Banyak yang sering berbagi lip balm namun tidak menyadari bahwa masalah kesehatan dapat terganggu karenanya.

Deodoran Roll

Deodoran dapat membawa infeksi yang serius, apalagi bila terdapat luka kecil setelah bercukur. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih deodoran yang mengandung bahan antibakteri dan jangan sampai dibagi dengan anggota keluarga lainnya.

Sabun Batangan

Ternyata sabun batangan dapat menyimpan mikroba maupun virus yang berbahaya, apalagi bila diletakkan di piring sabun yang basah. Akan lebih baik bila menggunakan sabun cair yang disimpan di dispenser sehingga bakteri tak akan menempel.

Sisir

Pasti Anda hanya memiliki satu sisir yang dipakai bergantian di rumah. Padahal, sangat tidak disarankan untuk meminjamkan atau meminjam sisir karena bisa saja sisir menangkap parasit seperti kutu maupun kudis.

Handuk

Pernahkan Anda berbagi handuk dengan teman maupun anggota keluarga lainnya? Jika belum, sebaiknya Anda tidak melakukannya. Sebab, handuk dapat menjadi tempat berkembang biak bagi kuman. Bila baunya sudah apek, maka sudah bisa dipastikan bahwa terjadi perkembangan jamur dan bakteri. Disarankan untuk mengganti handuk setelah 4-5 kali penggunaan.

Kuas Make Up

Alat rias bisa saja bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, liur, maupun jerawat bernanah. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk berbagai alat make-up dengan orang lain. Selain itu, pastikan untuk tidak mencoba sample make-up di toko kosmetik.

Earphone

Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun berbagi earphone dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Apalagi, bila earphone digunakan sambil berolahraga. Jadi, sebaiknya jangan sampai earphone-mu dipinjamkan ke orang lain ya.