TETAP SEHAT DI TAHUN BARU, TERAPKAN TIPS INI!

Selamat Tahun Baru!

Malam tahun baru tentunya menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk berkumpul dengan keluarga maupun sahabat. Biasanya, banyak orang yang memilih untuk begadang sampai larut menanti pergantian tahun tiba. Selagi menantikan pergantian tahun, tentunya ada banyak hal yang dilakukan, seperti membakar jagung, sate, dan makanan yang lezat lainnya. Eitsss, tapi biasanya begitu bangun di pagi harinya, badan justru terasa tidak sehat. Bisakah kita mengurangi resiko tersebut? Tentu bisa! Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat di tahun baru. Apa saja?

Gunakan Bakaran Listrik

Jika Anda memilih bakar-bakaran untuk mengisi malam tahun baru, maka pastikan untuk menggunakan bakaran listrik dan hindari bakaran arang. Pasalnya, penggunaan arang dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Selain itu, akan lebih baik bila Anda makan secukupnya saja.

Hindari Alkohol

Bagi sebagian orang, mungkin alkohol menjadi salah satu menu wajib malam tahun baru. Namun, efeknya tentu tidak menyehatkan bagi tubuh Anda. Akan lebih baik bagi Anda untuk menghindari konsumsi alkohol, apalagi bila masih harus menyetir setelah pesta malam tahun baru.

Jangan Tinggalkan Sampah

Setiap malam tahun baru, tidak diragukan lagi bila begitu banyak orang yang meninggalkan sampah, baik di jalanan, alun-alun, maupun di pusat keramaian kota lainnya. Sampah yang menumpuk tentu akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, jangan jadi bagian orang yang membuang sampah sembarangan.

Pilih Terompet yang Steril

Meniup terompet adalah salah satu tradisi malam tahun baru yang wajib dilakukan. Namun, satu hal yang jarang diperhatikan adalah saat membeli terompet. Pastikan terompet yang Anda beli belum dicoba orang lain maupun pedagangnya sendiri. Bekas air liur orang lain yang menempel di terompet bisa saja mengandung virus flu atau virus lainnya. Pilih jenis terompet yang tidak mengharuskan Anda meniupnya secara langsung.

Gunakan Masker

Meskipun indah, kembang api nyatanya mengandung berbagai zat mesiu yang dapat menurunkan kualitas udara. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan masker saat menonton kembang api dinyalakan agar serbuk mesiu tidak terhirup saat bernafas.