NGGAK CUMA MENYEHATKAN GIGI, GOSOK GIGI BISA LAWAN PENYAKIT INI!

Sejak kecil tentu Anda sudah dibiasakan untuk menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Saat kecil, tentu rasanya Anda malas sekali melakukannya karena Anda lebih memilih untuk tidur lebih cepat dibandingkan dingin-dingin ke kamar mandi. Meskipun sedikit merepotkan, kebiasaan menyikat gigi memiliki banyak manfaat yang penting untuk Anda sendiri. Selain menghindarkan diri dari gigi berlubang, rajin sikat gigi juga membantu Anda untuk melindungi gigi, apalagi bila Anda menggunakan pasta gigi ber-fluoride.

Tak hanya dua hal tersebut, ternyata rajin sakit gigi juga bisa membantu Anda untuk mencegah kanker tenggorokan. Sebagian besar orang menganggap gigi mereka bersih dan malas menggosok gigi. Padahal, sebuah studi dalam jurnal Cancer Research menemukan bahwa masalah gigi berhubungan dengan angka kejadian kanker esofagus atau kanker yang terjadi dari tenggorokan hingga perut.

Studi ini melibatkan 122ribu orang dengan mengambil sampel cairan mulut mereka. 10 tahun kemudian, 106 orang yang terlibat ternyata menderita kanker esofagus, Orang-orang yang terserang kanker tersebut ternyata memiliki tingkat bakteri Tannerella forsythia dan Porphyromonas gingivalis yang tinggi dalam mulut mereka. Hal ini dapat terjadi karena mereka tidak menyikat gigi dengan teratur sehingga muncul masalah gusi.

Nah, jadi bila Anda tidak ingin terserang penyakit kanker esofagus, akan lebih baik bila Anda mulai rajin menggosok gigi. Selain bisa melawan kanker, Anda juga akan terhindar dari ancaman bau mulut yang bisa mempermalukan diri Anda sendiri.


Sumber: Liputan6.com