BERAKTIVITAS DI RUANGAN BER-AC, AWAS KULIT BISA TERGANGGU!

Bekerja di ruangan yang ber-ac memang sangat nyaman karena Anda tidak perlu merasa kegerahan meskipun ada banyak orang di satu ruangan. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut baju Anda akan basah oleh keringat. Ruangan ber-ac juga akan sangat berguna bila di dalamnya terdapat banyak peralatan elektronik. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara tropis ini, udara yang sejuk menjadi dambaan setiap orang.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa ruangan ber-ac tidak selamanya menyenangkan. Terlalu sering terpapar ac pun bisa berakibat buruk pada kulit Anda. Perhatikan kulit Anda bila seharian berada di ruangan ber-ac. Tentu akan terlihat perbedaannya. Kulit cenderung menjadi kering dan kusam. Apabil tergores pun terasa perih. Nah, memang ac akan membuat kulit Anda menjadi kering dan tidak lembab lagi. Kulit yang kering tersebut bisa memicu rasa gatal yang mengganggu. Parahnya, bila digaruk, kulit akan lebih mudah pecah-pecah atau menjadi luka.

Lalu, bagaimana agar kesehatan kulit tetap terjaga meski di ruangan ber-ac?

Agar kulit tidak mudah gatal atau kering ketika berada di ruangan ber-ac, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kelembaban kulit. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti memakai lotion pada tangan maupun kaki. Setelah memakai lotion, Anda juga bisa memakai krim yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Ketika di kantor, Anda mungkin tidak bisa mematikan ac. Oleh karena itu, Anda bisa menaruh semangkok air di dekat Anda karena ac cenderung menyerap kelembaban udara. Dengan menempatkan semangkok air tersebut, diharapkan kulit menjadi tidak terlalu kering lagi.

Memang tidak ada jenis obat spesifik yang bisa dikonsumsi bila kulit anda terserang gatal-gatal bila terpapar ac. Namun, sobat sehat bisa mengkonsumsi obat pengurang rasa gatal dengan dosis yang ringan. Bisa juga mengaplikasikan bedak dingin untuk mengurangi rasa gatal. Ingat, jangan garuk bagian kulit yang gatal karena bisa menimbulkan luka. Pastikan juga Anda mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin E agar kesehatan kulit selalu terjaga.


Sumber: Kompas.com