SUDAH MINUM SODA, TAK PERLU MAKAN SIANG?

Jangan minum soda jika ingin diet berhasil. Nasihat ini sudah disampaikan oleh ribuan dokter dan mungkin Anda sendiri juga pernah mendapatkannya. Namun, banyak orang yang menganggap nasihat tersebut sebagai angin lalu dan tidak terlalu memikirkannya. Banyak juga yang tidak mempercayainya karena sekaleng soda terlihat kecil dan tidak mengenyangkan. Hmm, Anda boleh tidak percaya dengan pendapat tersebut, namun faktanya banyak penelitian yang sudah membuktikannya.

dr. Dyan Mega Inderawati menyebutkan bahwa sekaleng soda mengandung 700 kalori. Jumlah tersebut merupakan 1/3 dari total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal, ketika minum soda Anda mungkin merasa kurang kenyang sehingga mengkonsumsi berbagai jenis makanan maupun minuman lainnya. Jadi, bukan tidak mungkin jika Anda kelebihan kalori dan menjadi lebih mudah bertambah berat badannya.

Kalori yang terkandung dalam minuman bersoda setara dengan seporsi makan siang yang Anda makan. Oleh karena itu, memang sebaiknya Anda mengurangi minum minuman bersoda. Tak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa sekaleng minuman soda bisa meningkatkan resiko obesitas hingga 60%. Dampak negatif dari minum minuman bersoda ini sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum meminumnya. Akan lebih baik bila Anda mengganti minuman soda tersebut dengan minuman jenis lain yang lebih menyehatkan seperti air putih atau jus buah tanpa gula.


Sumber: Liputan6.com