PENYALAHGUNAAN HAND SANITIZER, AWAS SEBABKAN KEMATIAN!

Saat tangan kotor dan tidak menemukan kran air, tentu hand sanitizer akan menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan tangan. Hand sanitizer sering ditemukan di rumah sakit atau ruang praktek dokter. Namun, kini banyak merk yang menjual hand sanitizer dalam bentuk gel atau cairan. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, karena baik apotek maupun minimarket juga menyediakannya dengan harga yang tergolong murah. Wajar bila masyarakat memilih hand sanitizer sebagai alternatif untuk membersihkan tangan.

Sayangnya, tidak semua orang memanfaatkan hand sanitizer dengan tepat. Adanya kandungan alkohol di dalam hand sanitizer, membuat beberapa orang menyalahgunakannya. Mereka meminum cairan hand sanitizer untuk mendapatkan efek memabukkan seperti ketika minum minuman beralkohol. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah hand sanitizer berbahaya bila diminum?

Hand sanitizer mengandung campuran alkohol etanol. Satu botol hand sanitizer mengandung 60 hingga 70 persen alkohol. Ada juga beberapa merk yang mengandung hingga 90% alkohol. Kandungan alkohol yang tinggi tersebut tentu sangat berbahaya bila diminum oleh manusia. Minuman beralkohol seperti bir atau wine umumnya mengandung 5-12 persen alkohol. Selain itu, alkohol dalam hand sanitizer juga berbeda dengan alkohol dalam minuman keras. Bila dikonsumsi, tentu akan berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang muncul akibat minum hand sanitizer menurut Alexander Garrad, seorang ahli toksikologi di Washington Poison Center of United States:

1. Kerusakan sistem syaraf

2. Menumpulkan kemampuan otak

3. Mual

4. Muntah

5. Gangguan pernapasan

6. Hilang kesadaran

7. Koma

8. Kematian

Berbagai resiko tersebut bahkan bisa semakin berbahaya bila yang mengkonsumsi adalah anak-anak atau remaja. Karena hati anak-anak dan remaja bisa dibilang belum sempurna, konsumsi hand sanitizer bisa mengakibatkan kerusakan hati karena kemampuan hati untuk menyaring dan membuang racun yang masuk ke tubuh belum sempurna. Namun, bila yang dikonsumsi secara tidak sengaja, seperti menjilat tangan setelah memakai hand sanitizer, maka tidak akan ada efek yang muncul. Ingat ya, hand sanitizer untuk membersihkan tangan, jangan diminum!


Sumber: Hellosehat.com