HEY JOMBLO! AWAS MAKAN SENDIRI KOLESTEROL JADI TINGGI!

Banyak orang yang berkata bahwa makanan akan terasa lebih enak bila dimakan bersama orang yang disayangi. Meskipun demikian, terkadang karena jarak maupun waktu yang tidak cocok, mau tidak mau Anda harus makan sendirian. Hal tersebut sering terjadi pada orang yang merantau dan mungkin belum memiliki pasangan. Sudah lapar, tapi teman makan tidak kunjung didapat. Akhirnya, Anda terpaksa makan sendiri. Ada juga orang yang memang memilih makan sendiri karena sedang terburu-buru atau menganggap makan sendiri lebih efisien dan hemat waktu dibanding makan bersama orang lain. Apakah Anda tergolong orang yang lebih suka makan sendiri?

Hmm, bagi Anda yang hobi makan sendirian, ternyata kebiasaan ini berbahaya lho. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makan sendirian bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mereka yang suka makan sendirian harus siap dengan masalah kolesterol tinggi yang mungkin timbul karena kebiasaan makan sendirian. Lho, kok bisa?

Sebuah penelitian di Brigham Young University, Utah, Amerika Serikat, makan sendirian dua kali sehari bisa meningkatkan resiko kematian hingga 45%. Hal ini terjadi karena ketika Anda makan sendirian, Anda cenderung bisa mmeilih berbagai jenis makanan yang disukai tanpa memperhatikan kesehatan. Misalnya, karena ingin yang cepat, kemudian Anda memilih junk food sebagai menu makan Anda. Oleh karena itu, seseorang yang suka makan sendiri lebih beresiko terserang tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga diabetes.

Selanjutnya, penelitian dari University of British Columbia juga menyebutkan bahwa pria yang belum atau tidak menikah cenderung memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk bila dibandingkan dengan orang yang memiliki teman makan, entah keluarga, kekasih, maupun teman-temannya. Peneliti dari Dongguk University Ilsan Hospital, Korea Selatan, juga menemukan fakta yang sama.

Terakhir, Dr. Michael Khoury dari Kanada juga melakukan penelitian yang menemukan bahwa siswa yang jarang makan bersama keluarga memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dibanding yang sering makan bersama keluarga. Tak hanya itu, resiko terserang penyakit kardiovaskular pun juga lebih tinggi.

Hmm, cukup mengkhawatirkan ya. Jika Anda tidak ingin terserang masalah kesehatan, ada baiknya Anda segera memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Tak hanya itu, hindari junk food, makanan instan, kaya garam, serta makanan kalengan. Jika memungkinkan, ajaklah teman untuk makan bersama Anda agar ada yang membantu mengkontrol apa yang akan Anda makan.


Sumber: Doktersehat.com