KAYA PROBIOTIK, TEMPE BISA LAWAN DEPRESI!

Mengonsumsi obat-obatan antibiotik dan probiotik mungkin sudah sering Anda lakukan. Berbagai perbedaan dari kedua jenis obat tersebut pun mungkin sudah Anda ketahui dengan baik. Meskipun demikian, Anda juga perlu tahu bahwa probiotik ternyata tak hanya tersedia dalam bentuk obat-obatan. Ada berbagai jenis makanan yang juga mengandung probiotik.

Probiotik adalah sejenis mikroorganisme yang bisa berfungsi untuk mencegah dan menanggulangi penyakit, terutama dalam sistem pencernaan. Berbagai jenis makanan yang secara alami mengandung probiotik adalah tempe, kimchi, serta yoghurt. Namun, satu hal yang harus diketahui, probiotik ternyata juga bisa membantu untuk mengatasi depresi. Penelitian ini dikembangkan oleh peneliti dalam jurnal yang dimuat Brain, Behavior, and Immunity. Dalam penelitian tersebut, beberapa ekor tikus dibagi dalam beberapa kelompok yang kemudian diberi makan dengan ekstra lemak maupun serat, sementara kelompok tikus lainnya diberi minum air dengan probiotik. Hasil penelitian tersebut cukup mencengangkan karena setelah 12 minggu, tikus yang tidak diberi probiotik menunjukkan perilaku depresi sementara tikus yang diberi probiotik berperilaku normal.

Dari penelitian di atas, tentu sudah terlihat betapa pentingnya probiotik bagi kehidupan kita. Tak hanya untuk membersihkan saluran pencernaan, ternyata probiotik juga bisa menangkal depresi. Bila Anda merasa stres ataupun terbebani dengan pekerjaan Anda, ada baiknya Anda segera mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Tentunya akan lebih baik bila Anda merasakan sendiri berbagai manfaat yang didapat dari konsumsi probiotik.


Sumber: Detik.com