KATANYA KALAU HAMIL TIDAK BOLEH PAKAI KUTEKS, BENARKAH?

Sebagai perempuan, berpenampilan menarik adalah idaman, karenanya mereka berusaha untuk menjaga penampilannya dengan beraneka cara, mulai dari perawatan kulit, penggunaan aksesoris, dan bahkan padu padan pemakaian busana. Pada masa tertentu perempuan juga akan menjadi seorang ibu. Nah disini terkadang niatan berpenampilan cantik ada batasnya, terutama yang telah menjadi mitos adalah pemakaian kuteks saat hamil. Sebenarnya aman tidak ya ? 

Ibu hamil secara wajib harus menjaga kesehatan janin yang dikandungnya, mulai dari asupan gizi hingga menjaga diri dari bahan-bahan berbahaya dari luar. Terutama kuteks, menurut dr Noviyanti SpOG dari RS Mayapada Tangerang, sebaiknya ibu hamil menghindari pemakaian kuteks karena mengandung bahan kimia. Umumnya, di kutek ada kandungan Di-isobutyl phthalate. Kandungan ini berpotensi memengaruhi kecerdasan atau IQ si anak, dan anjuran untuk tidak memakai sama sekali pada trisemester pertama kehamilan. 

Sementara itu menurut dr Philip Agustinus SpOG bilang boleh aja ibu hamil pakai kuteks. Tapi, pas memakainya harus di ruangan terbuka supaya nggak terhirup, Bun. Berkaitan dengan cara menggunakannya kuteks tidak menyerap di kulit, karena hanya digunakan pada kuku saja, bau kuteksnya yang cukup berbahaya.

Jadi, bila Anda ingin tetap memakai kuteks saat sedang hamil, jangan khawatir. Pastikan pemakaiannya di ruang terbuka dan jangan hirup aromanya ya! Dengan demikian, kuku tetap cantik, janin pun tetap sehat.


Sumber : haibunda.com