TERMASUK KE 10 PENYEBAB KEMATIAN TERBESAR, KAMU HARUS STOP MAGER!

Tak heran jaman Now banyak orang lebih suka berdiam diri dan sibuk dengan aktivitas gadgetnya, tetapi perlu diingat berapa lama Anda sudah duduk atau bersandar. Terkadang, ada juga yang sudah bangun tapi malas beranjak dari kasur. Kedua hal tersebut adalah apa yang sering disebut dengan MAGER atau males gerak.

Gaya hidup Sedentari adalah pola perilaku manusia yang minim aktivitas atau gerakan fisik. Biasanya mereka yang menjalani gaya hidup sedentari adalah pekerja kantoran yang hampir sepanjang hari duduk di balik meja kerja.

Mager makin kian populer apalagi didukung semua aktivitas dapat terwakilkan melalui teknologi, terutama via smartphone. Tetapi malas gerak ini bisa membahayakan kesehatan, lho! Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, gaya hidup sedentari adalah salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Selain itu, data yang dilaporkan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 2008 menunjukkan bahwa kematian akibat kebiasaan malas gerak jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan kematian karena obesitas. Jika gaya hidup sedentari diikuti dengan pola makan yang tidak seimbang dan kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau minum alkohol, Anda pun berisiko mengalami lebih banyak masalah kesehatan.

Beberapa dampak males gerak diantaranya konsentrasi menurun, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, gangguan fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, dan memicu osteoporosis.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda terjebak gaya hidup ini. Bila memang harus duduk sepanjang hari, pastikan untuk tetap menyempatkan ke toilet atau sekedar ke dapur untuk mengambil cemilan. Anda juga bisa mencoba untuk melakukan aktivitas di luar ruangan untuk melawan mager. Pastikan Anda merasakan manfaatnya sendiri.


Sumber : kompas.com