BERAT BADAN IDEAL BAYI DI 6 BULAN PERTAMA

Mengamati pertumbuhan si buah hati memang menyenangkan, apalagi bagi orang tua yang baru memiliki anak pertamanya. Kurangnya pengalaman mungkin membuat orang tua merasa was-was dan penasaran apakah buah hatinya sehat-sehat saja atau kurang gizi. Nah, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini, saya akan berbagi informasi berat badan ideal bayi pada usia 6 bulan pertama.

Pada usia 0 bulan, berat badan bayi dapat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Normalnya, berat badan bayi perempuan berada di angka 2,2 hingga 3,9 kg. Sementara bayi laki-laki memiliki berat yang lebih besar, yaitu antara 2,4 hingga 4,2 kg.

Setelah menginjak usia 1 bulan, berat badan bayi akan mengalami kenaikan yang signifikan. Berat badan bayi perempuan akan bertambah hingga berkisar di antara 2,8 hingga 5 kg sementara bayi laki-laki memiliki berat badan 2,9 hingga 5,5 kg.

Pada usia 2 bulan, ibu akan menyadari bahwa terjadi peningkatan pesat berat badan buah hatinya hingga 500 gram per minggu. Bayi perempuan akan memiliki berat badan yang ideal bila beratnya berkisar di angka 3,3 hingga 6 kg sementara bayi laki-laki beratnya di kisaran 3,5 hingga 6,7 kg.

3 bulan pertama usia bayi adalah masa yang tepat untuk menambah berat badan secara signifikan. Oleh karena itu di bulan ketiga umur bayi, sebaiknya ibu memberikan lebih banyak ASI agar berat badan bayi meningkat. Berat badan bayi berusia 3 bulan yang ideal adalah 3,9 hingga 6,9 kg untuk bayi perempuan, dan 4,1 hingga 7,6 kg untuk bayi laki-laki.

Saat bayi berusia 4 bulan, para ibu cenderung khawatir karena pertambahan berat badan bayinya tidak setinggi di bulan sebelumnya. Namun, tidak perlu khawatir, selama berat badan bayi perempuan berada di kisaran 4,8 hingga 8 kg dan berat badan bayi laki laki berada di kisaran 5,3 hingga 9,1 kg, maka masih dalam batas ideal.

Bila di bulan ketiga pertambahan berat badan bayi mencapai 500 gram per minggu, hal yang berbeda terjadi saat bayi berusia 5 bulan. Di usia ini, pertambahan berat badan bayi hanya sekitar 500-600 gram per bulan. Idealnya, berat badan bayi perempuan berada di angka 5,2 hingga 9,2 kg sementara bayi laki-laki memiliki berat 5,8 hingga 9,7 kg.

Saat bayi berusia 6 bulan, artinya ia telah mengakhiri masa ASI eksklusif dan diperbolehkan untuk mulai memakan makanan pendamping ASI. Meskipun demikian, pertambahan beratnya masih sama, yaitu sekitar 600 gram per bulan. Berat badan ideal bayi perempuan usia 6 bulan adalah 5,5 hingga 9,7 kg  dan bayi laki-laki idealnya memiliki berat 6,1 hingga 10,2 kg


Sumber: Doktersehat.com