ANAK ACHMAD ALBAR MENINGGAL KARENA LIVER, INI DIA CARA MENGHINDARINYA

Kali ini kabar duka datang dari keluarga rocker legendaris Indonesia, Achmad Albar. Pada hari Rabu (29/8), personil band Godbless yang satu ini terpaksa merelakan kepergian putra ketiganya, Faldy Albar, karena penyakit liver yang ia derita. Tentunya hal ini membuat keluarga Albar sangat terpukul, pasalnya Faldy sedang dalam masa perawatan dokter sebelum meninggal. Kepergian Faldy Albar, tentu menjadi pengingat bagi kita semua mengenai pentingnya menjaga gaya hidup. Penyakit liver bukanlah penyakit langka, namun penyebabnya sering kita lakukan. Oleh karena itu, agar tak terserang penyakit liver, ada baiknya untuk menghindari berbagai kebiasaan berikut ini.

1. Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Tak dipungkiri lagi bahwa kini meminum kopi dan teh sudah menjadi gaya hidup yang dapat menunjang gengsi seseorang. Namun, penting untuk tahu bahwa meminum kopi dan teh dapat membuat liver bekerja terlalu keras karena adanya racun yang terkandung dalam kafein. Oleh sebabnya, tidak dianjurkan untuk minum kopi maupun teh secara berlebihan.

2. Jarang Minum Air Putih

Mungkin kadang Anda merasa air putih hambar dan tidak menyegarkan bila diminum. Padahal, air minum justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah meringankan beban kerja liver. Kurang minum air putih berakibat liver bekerja terlalu keras. Selain itu, bahaya dehidrasi pun turut mengintai.

3. Sering Begadang

Apakah Anda sering begadang? Mengabaikan waktu istirahat juga dapat membahayakan kondisi liver. Saat tidur, sebenarnya liver sedang bekerja mengeluarkan racun dalam tubuh dengan efektif. Namun, bila Anda memutuskan untuk tidak tidur, akibatnya adalah liver akan tetap bekerja namun racun-racun tak akan terbuang. Tentu akibatnya akan buruk bagi tubuh.

4. Sering Menahan Buang Air

Buang air adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk membuang racun, baik melalui urin maupun melalui tinja. Jika Anda memiliki kebiasaan menahan buang air, artinya Anda membiarkan racun bertahan dalam waktu yang lama di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan toksisitas hati yang tentunya akan mengganggu kesehatan Anda.

5. Tidak Sarapan

Mungkin Anda adalah orang yang sibuk di pagi hari sehingga sering melewatkan sarapan. Anda wajib tahu bahwa sarapan yang Anda konsumsi adalah senjata yang tepat untuk melindungi hati dan menetralisir asam perut. Melewatkan sarapan artinya Anda membiarkan organ hati rusak sedikit demi sedikit.

6. Hobi Makan Gorengan

Diakui atau tidak, gorengan memang nikmat untuk cemilan atau pengganjal perut. Namun, meskipun terasa enak, terus terusan makan gorengan dapat melemahkan hati. Hal ini dapat terjadi karena adanya akumulasi asam lemak jenuh dan lemak yang dapat menggemukkan hati. Sebaiknya, kurangi makan gorengan ya!

7. Sering Minum Alkohol dan Merokok

Tak diragukan lagi, dua kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan hati dan kesehatan organ tubuh lainnya. Dalam minuman beralkohol dan rokok, terdapat berbagai bahan kimia yang dapat menyebabkan liver bekerja lebih keras untuk menetralisasi racun. Tentu saja bila hal ini dibiarkan terus menerus, fungsi hati akan menurun dan menjadi rusak. 


Sumber: Tribunnews.com