3 ALASAN UTAMA HAID TIDAK TERATUR

Tidak semua perempuan mengalami siklus menstruasi yang tetap. Mungkin Anda sendiri juga mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Bagi perempuan yang mengalami siklus menstruasi yang rutin, tentu akan kebingungan ketika menstruasinya datang terlambat. Namun, bagi mereka yang memiliki jadwal menstruasi yang tidak rutin, mungkin akan kesulitan mendeteksi kehamilannya karena sudah biasa menghadapi keterlambatan menstruasi. Normalnya, siklus menstruasi seorang perempuan adalah 28 hingga 35 hari. Namun, mereka yang jadwal menstruasinya tidak tetap memiliki siklus yang unik, misalkan 2 bulan sekali. Hmm, pernahkan Anda memikirkan alasan siklus menstruasi yang tidak tetap tersebut? Ada 3 hal yang bisa menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur.

Kebiasaan Merokok

Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok?

Bagi perempuan yang memiliki kebiasaan merokok, siklus menstruasi yang tidak teratur menjadi konsekuensi yang harus dihadapi. Setiap batang rokok yang dihisap akan mengubah tingkat estrogen, progesteron, testosteron, serta hormon lain yang dapat mengganggu keteraturan siklus menstruasi. Jadi, jika Anda memang memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan kebiasaan ini bila ingin siklus menstruasi menjadi teratur.

Meminum Alkohol

Mungkin Anda memiliki kebiasaan meminum minuman beralkohol untuk sekedar melepas penat atau menghangatkan badan. Namun, minuman beralkohol sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, khususnya bagi perempuan. Dengan meminum alkohol, kadar hormon estrogen dan testosteron akan meningkat hingga mengganggu fluktuasi hormon normal yang diperlukan untuk ovulasi. Tak hanya itu, alkohol juga mengandung racun yang dapat menyebabkan perempuan sulit hamil dan bukan tak mungkin mengakibatkan cacat janin.

Obesitas

Selain tak menyehatkan, obesitas juga berpengaruh pada siklus menstruasi seorang perempuan. Seperti yang telah kita ketahui, lemak merupakan sumber dari estrogen. Estrogen sendiri adalah hormon yang dibutuhkan untuk menciptakan lapisan rahim yang akan memberikan dukungan telur yang dibuahi. Namun, bila lemak dalam tubuh berlebih, produksi estrogen pun akan berlebih juga. Akibatnya, tubuh akan berhenti berovulasi, yang menjadikan siklus menstruasi tidak teratur. Nah, yang paling tepat memang menjaga berat badan tubuh sesuai dengan berat ideal agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

 


Sumber: Tribunnews.com