SUDAH BEREDAR DI AUSTRALIA, WASPADAI PEMUTIH GIGI ABAL-ABAL! BISA SEBABKAN GUSI TERBAKAR!

Siapa yang tak ingin memiliki gigi yang putih dan cemerlang? Memiliki gigi yang putih, tentunya akan berpengaruh besar pada penampilan seseorang. Tak hanya meningkatkan kepercayaan diri, dengan gigi putih Anda dapat tersenyum lebar tanpa ragu. Oleh karena itu, tidak heran bila begitu banyak orang yang tertarik untuk melakukan perawatan pemutihan gigi. Karena tingginya minat masyarakat terhadap perawatan ini, tidak jarang banyak orang yang memanfaatkannya menjadi ladang bisnis.

Baru-baru ini di Australia terjadi kasus maraknya penjualan produk pemutih gigi ilegal. Produk tersebut dianggap ilegal karena menggunakan bahan berbahaya yang dapat menyebabkan luka bakar pada mulut dan tenggorokan. Sudah begitu banyak masyarakat yang menjadi korbannya. Professor Laurence Walsh dari Sekolah Kedokteran Gigi University of Queensland menyampaikan bahwa produk pemutih gigi rumahan tersebut telah menyebabkan luka bakar pada jaringan gusi hingga ke tenggorokan pada beberapa pasien.

Yang memprihatinkan, banyak produk pemutih gigi yang membayar selebritis untuk memasarkan produknya. Karena telah diiklankan oleh selebritis, masyarakat pun menganggap produk-produk tersebut aman untuk digunakan. Padahal, ternyata sebagian besar produk pemutih gigi yang dipasarkan secara bebas di Australia tersebut telah dideteksi mengandung bahan berbahaya seperti 9% hidrogen peroksida dan 44% carbamide peroxide. Australia’s Poisons Standard telah memasukkan kandungan hidrogen peroksida yang lebih dari 6% dan kandungan carbamide peroxide yang lebih tinggi dari 18% sebagai bahan yang beracun dan dilarang penggunaannya oleh siapapun, kecuali ahli gigi profesional.

Meskipun menggunakan bahan-bahan yang berbahaya, berbagai produk tersebut mengklaim sebagai produk yang ramah lingkungan dan tidak beracun. Tentunya klaim tersebut salah besar karena bila dilihat dari efek samping yang ditimbulkan, jelas produk pemutih tersebut berbahaya. Bila Anda memang menginginkan gigi yang putih dan bersih, ada baiknya untuk mendapatkan penanganan dari dokter gigi profesional dan tidak melakukannya secara otodidak. Hal ini tentu demi keselamatan mulut dan juga tenggorokan Anda sendiri. Jadi, jangan sembarangan membeli produk kesehatan ya, pastikan beli yang aman dan dengan pengawasan dokter.


Sumber: Thenewdaily.co.au