TANDA-TANDA IBU HAMIL AKAN MELAHIRKAN, WAJIB WASPADA!

Ibu hamil tentunya sudah mengetahui hari perkiraan lahir atau HPL dari pemeriksaan USG. Meskipun demikian, bukan berarti hari kelahiran bayi tepat sesuai prediksi. Ibu hamil harus merasakan sendiri perubahan fisik yang harus diwaspadai karena menandakan hari persalinan sudah dekat.

Yang pertama adalah posisi janin mulai merosot turun. Janin dalam kandungan akan mengatur ulang posisi hingga kepalanya masuk ke daerah panggul untuk persiapan kelahiran. Ibu akan lebih mudah bernapas, namun tekanan pada kandung kemih akan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

Selanjutnya adalah leher rahim yang mulai membuka. Saat pemeriksaan terakhir menjelang HPL, dokter akan melihat apakah leher rahim sudah teregang. Seiring dengan kontraksi rahim yang lebih teratur, leher rahim akan membesar dengan cepat sehingga melancarkan proses keluar bayi.

Tak hanya itu, ibu hamil juga akan merasakan kram perut dan nyeri punggung yang parah. Diare serta mual dan muntah juga merupakan pertanda yang dialami sebelum persalinan karena hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk memudahkan kelahiran bayi akan merangsang usus untuk lebih sering bergerak. Pastikan banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Ibu hamil pun mungkin akan khawatir karena terjadi penurunan berat badan. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir karena penurunan berat badan saat menjelang persalinan tidak akan mempengaruhi berat badan janin dalam kandungan. Meskipun demikian, ibu hamil justru merasa sangat lelah dan lebih sering tidur siang karena kesulitan tidur di malam hari.

Selanjutnya, akan keluar cairan keputihan yang kental dan berwarna kemerahan dari vagina yang disebut dengan bloody show. Cairan tersebut tadinya menyumbat leher rahim selama kehamilan dan seiring dengan melebarnya leher rahim, cairan pun akan turun dengan sendirinya.

Kontraksi yang awalnya tidak beraturan dan jarang-jarang yang disebut dengan Braxton Hicks, menjadi lebih teratur dan berkala. Penanda terakhir adalah pecahnya air ketuban yang merupakan awal dari persalinan. Segera hubungi dokter atau bidan bila Anda sudah merasakan cairan membasahi celana dalam.


Sumber: Doktersehat.com