PANTANGAN HAMIL 2 BULAN YANG WAJIB DIPATUHI!

Trimester pertama adalah masa-masa yang yang rawan karena pada masa tersebut janin sedang dibentuk. Pada bulan kedua kehamilan, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh ibu hamil agar perkembangan janin tidak terganggu.


Pertama, ibu hamil di usia 2 bulan wajib menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang. Makanan yang tidak matang sepenuhnya dikhawatirkan mengandung bakteri yang belum sepenuhnya mati sehingga membahayakan janin dan ibu. Beberapa makanan setengah matang yang wajib dihindari adalah telur setengah matang, steak setengah matang, atau sashimi.

Kedua adalah makanan yang mengandung merkuri. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 memang disarankan untuk ibu hamil. Namun, bila mengonsumsi ikan, sebaiknya ibu hamil harus waspada karena ada beberapa ikan yang mungkin mengandung merkuri. Beberapa jenis ikan yang aman untuk ibu hamil adalah tuna, salmon, dan udang. Ingat ya, pastikan untuk memasaknya sampai matang agar tidak mengandung bakteri lagi.

Saat berada di tahap awal kehamilan, ibu hamil benar-benar tidak boleh menyentuh binatang peliharaan. Kucing atau anjing berisiko membawa virus toksoplasma yang dapat menyebabkan keguguran atau cacat janin.

Terakhir, merokok dan minum alkohol. Sudah tentu kedua kebiasaan ini harus dihentikan saat hamil. Kebiasaan merokok dan minum alkohol apabila diteruskan saat hamil dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan cacat janin.


Sumber: Doktersehat.com