DAGING SAPI DAN KAMBING, MANA YANG LEBIH TINGGI KOLESTEROLNYA?

Satu hal yang tak akan dilewatkan saat Lebaran Idul Adha tiba adalah banyaknya daging merah yang akan diterima, baik daging sapi maupun daging kambing. Meskipun lezat, tentu banyak yang telah mengetahui bahwa masalah kesehatan dapat mengintai mereka yang terlalu banyak mengonsumsi daging sapi maupun daging kambing. Mungkin Anda pun menjadi penasaran dan bingung memilih mana di antara dua jenis daging tersebut yang lebih baik untuk kesehatan Anda. Lalu, mana yang lebih baik? Yuk kita bandingkan!

Kandungan Vitamin dan Mineral

Dilihat dari kandungan vitamin dan mineralnya, daging sapi dan kambing memang padat akan keduanya. Baik daging sapi maupun kambing memang dikenal sebagai makanan yang berprotein hewani tinggi. Wajar bila keduanya kaya akan vitamin, kalsium, zink, fosfor, dan juga vitamin B kompleks.

Kandungan Zat Gizi Makro

Acapkali seseorang menghitung kandungan kalori pada sebuah makanan sebelum mengkonsumsinya. Nah, kalori yang merupakan zat gizi makro ini juga terdapat pada daging sapi maupun kambing lho. Setiap 100 gram daging sapi mengandung 250 kalori, 26 gram protein, dan 15 gram lemak. Jumlah tersebut sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan 100 gram daging kambing yang hanya mengandung 143 kalori, 27 gram protein, dan 3 gram lemak. Namun, belum tentu daging kambing lebih sehat, karena proses pengolahannya pun dapat mengubah kandungan kalori pada daging yang disajikan.

Kandungan Zat Besi

Daging sapi dan daging kambing sama-sama memiliki zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram daging sapi terdapat 2.6 mg zat besi sementara daging kambing memiliki 3.7 mg zat besi. Yang membedakan adalah partikel zat besi dalam daging kambing lebih mudah dicerna bila dibandingkan dengan zat besi pada daging sapi.

Kandungan Kolesterol

Nah, perbandingan selanjutnya bisa dilihat dari kandungan kolesterolnya. Kandungan kolesterol dalam daging kambing tidak setinggi kandungan kolesterol dalam daging sapi. Setiap 100 gram daging sapi terdapat 90 mg kolesterol, sementara pada daging kambing terdapat 75 mg kolesterol.

Kini, Anda menjadi tahu perbandingan kesehatan antara daging kambing dengan daging sapi. Perbandingan tersebut tentu dapat berubah tergantung cara mengolahnya. Selamat Hari Raya Idul Adha!


Sumber: Doktersehat.com