KONSULTASI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Buang air kecil sedikit dan sakit perih

Jawaban tentang "Konsultasi"

Salam sehat Ibu Hopipah,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Nyeri saat buang air kecil dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, mulai dari infeksi saluran kemih, batu ginjal, radang prostat, dan gangguan atau penyakit yang lain. Namun seringkali yang terjadi disebabkan adanya infeksi saluran kencing.

Kondisi ini terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra dan menimbulkan infeksi. Apabila tidak segera ditangani, bakteri tersebut dapat menyebar dan berisiko menginfeksi organ lain.

Untuk kondisi ini, biasanya dokter akan memberikan antibiotik dan juga obat pereda nyerinya. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan kepastian penyakit yang dialami dan diberikan terapi yang sesuai.


Untuk mengurangi nyerinya, bisa minum ParacetamolAsam Mefenamat atau Ibuprofen untuk sementara waktu. Selain itu lakukan beberapa hal seperti :

  • Perbanyak minum air putih untuk mengeluarkan bakteri sekaligus memperlancar pembuangan urine.
  • Bersihkan vagina dengan cara yang benar, yakni dari arah vagina ke anus. Lakukan ini setiap selesai buang air kecil atau buang air besar guna mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kencing.
  • Biasakan untuk segera buang air kecil setelah berhubungan intim, terutama saat Anda berhubungan intim tanpa kondom.
  • Hindari menggunakan produk yang dapat menimbulkan iritasi pada vagina dan saluran kemih, misalnya sabun, bedak, atau produk pembersih area kewanitaan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.   

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR