SAKIT HERNIA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

dok mau nanya, ayah saya umur 70 tahun sepertinya terkena hernia / turun berok, gejalanya ada pembengkakan di bawah perut, terkadang sakit perut, kalau habis tidur sakit nya hilang, kalau bengkaknya di pencet krupus2 , nah saya minta saran dan nasihat dokter, apa betul gejala tersebut sakit hernia, kira2 obatnya apa, kalau bisa yg herbal2 saja.
terima kasih

Jawaban tentang "sakit hernia"

Salam sehat Bp. Arif,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Secara medis, hernia berarti perpindahan organ tubuh dari suatu bagian ke bagian lain yang bisa terjadi di pusar, lipat paha, bahkan sampai ke kantong buah zakar (pada pria). Hernia berupa benjolan yang hilang timbul, dimana orang awam biasanya menyebutnya “turun berok”.


Pada orang dewasa, hernia dapat terjadi karena faktor usia yang menyebabkan melemahnya otot dinding perut, dan karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut. Misalnya, karena sering mengangkat beban yang terlalu berat, batuk kronis (lama), kegemukan, sering mengejan, kehamilan, dan asites (penumpukan cairan abnormal di dalam rongga perut).

 

Pengobatan hernia yang efektif dan untuk kebaikan jangka panjang, lebih baik adalah dengan jalan operasi. Karena jika dibiarkan, hernia memiliki risiko berbahaya yaitu usus kejepit. Namun, bila terdapat kondisi yang tidak memungkinkan untuk operasi, bisa dilakukan pengobatan konservatif. Yaitu tindakan pengembalian posisi dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual dan pemakaian penyangga atau penunjang. Cara ini hanya bertujuan untuk mempertahankan hernia yang telah dikembalikan posisinya dan tidak dapat menyembuhkan, sehingga penyangga atau penunjang harus dipakai seumur hidup.

 

Dalam mengatasi hernia, sebaiknya tidak sembarangan menggunakan obat tanpa petunjuk dari dokter, termasuk penggunaan obat herbal. Karena penggunaan obat yang tidak tepat dapat memperparah keluhan ataupun berisiko menyebabkan terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan. Kami sarankan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perencanaan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi ayah Anda saat ini.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Terima kasih.

 

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR