MENGOBATI KEPUTIHAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

dok saya mau tanya tentang keputihan saya yang berlebihan ketika kecapean, kadang keputihan itu berwarna putih susu atau kuning, obat apa yang bisa saya minum yaa dok, trimakasih..

Jawaban tentang "Mengobati Keputihan"



Salam sehat Sdri. Nidaa,



Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain berwarna putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau, serta tidak menimbulkan keluhan.

 


Keputihan yang terjadi pada vagina dapat timbul secara fisiologis dan juga secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan, keputihan patologis adalah keputihan abnormal yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit / jamur / bakteri pada saluran reproduksi.

 

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak, dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan.

 

Jika keputihan yang anda alami merupakan keputihan abnormal, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan obat-obatan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya.  Namun, sebelum mengobati sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebab keputihan.

 

Untuk mencegah keputihan datang kembali, berikut tips yang dapat anda lakukan :


· Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
· Menghindari penggunaan celana dalam yang ketat dan yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
· Apabila ingin menggunakan pembalut atau panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum (parfum) dan jangan digunakan selama lebih dari 4-6 jam
· Menghindari penggunaan produk pembersih kewanitaan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman (pH) dan keseimbangan bakteri dalam vagina
· Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang , lalu keringkan dengan handuk bersih.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.

 

Produk terkait :

 

Crystal X for Women , Si Putih kapsul , Prive Fresh Green Tea Sirih 60ML
 

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR