KEPUTIHAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

udah 3hari ini saya keputihan tp rasanya gatal bgt tp gak bau sblmnya saya gak pernah mengalami keputihan gatal spt ini,bysnya kalo keputihan mau haid n sesudah haid aja. udah aku obatin dengan albothyl ovula tp ttp merasa gatal. itu knp ya??? makasi bu/pa

Jawaban tentang "Keputihan"

Dear Sdri. Aliyatul,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Pada dasarnya, keputihan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu yang bersifat patologis dan non patologis. Keputihan non patologis biasanya disebabkan karena stres, rangsangan seksual, dan pra menstruasi. Dengan gejala keputihan: tidak berbau dan berwarna, serta volumenya tidak berlebihan. Sedangkan, keputihan patologis disebabkan karena serangan jamur dan bakteri, yang dapat berakibat fatal bila tidak ditangani dengan tepat.

 

Gejala keputihan patologis adalah keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan, atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini bisa encer atau kental, lengket, dan kadang-kadang berbusa. Volume yang keluar melebihi batas normal (sangat banyak), baunya menyengat, kadang disertai dengan rasa gatal pada organ kewanitaan.


Untuk mengobati keputihan, harus diketahui dulu apa penyebabnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat untuk anda.


Untuk membantu menjaga kesehatan daerah kewanitaan anda, berikut beberapa tips dari kami : jagalah selalu kebersihan organ kewanitaan anda, bilaslah vagina dengan cara dan arah yang tepat (dari arah depan ke arah belakang / anus), jangan gunakan handuk / celana dalam bergantian dengan orang lain, terapkan pola hidup sehat (olahraga teratur, istirahat / tidur yang cukup, dan konsumsi makanan dengan gizi & nutrisi seimbang), saat menstruasi gantilah pembalut / panty liner sesering mungkin sekitar 3-4 jam sekali, ganti celana dalam minimal 2 x sehari, serta jangan gunakan celana dalam dan celana jeans yang terlalu ketat.

 

Demikian saran yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Produk terkait :


Albothyl Concent  , Flagystatin ovula , Flagyl F tablet , Lactacyd Women

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR