SAKIT PINGGANG

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya mau tanya saya suka sakit pinggang sebelah kiri sampai ke tulang punggung apakah itu gejala batu ginjal?

Jawaban tentang "sakit pinggang"

Dear Bp. Aji,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari yang ringan sampai yang berat atau serius, dan sebagian besar dapat membaik dengan sendirinya. Sakit pinggang dapat dipengaruhi oleh kebiasaan anda saat duduk dan bekerja, kebiasaan anda mengangkat sesuatu, gaya hidup, termasuk kebiasaan makan dan minum, kebiasaan merokok, aktivitas olahraga, jenis kelamin, faktor usia, dan keturunan.


Sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi atau gejala awal penyakit tertentu , misalnya batu ginjal. Sakit pinggang yang disebabkan oleh batu ginjal biasanya ditandai dengan gejala tertentu, antara lain : nyeri yang bersifat kolik (nyeri yang amat sangat dan hilang timbul) yang muncul di tubuh bagian belakang samping, di bawah tulang punggung yang biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipatan paha, atau daerah kemaluan.

Nyeri tersebut kadang juga dirasakan saat buang air kecil, dimana buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya, warna urine menjadi pink, coklat, atau merah, kadang disertai dengan darah, dan urine berbau tidak sedap. Nyeri perut juga disertai dengan mual dan muntah, dan bila ada infeksi, penderita juga dapat mengalami demam.


Apakah nyeri yang anda rasakan menyerupai gejala-gejala di atas? Untuk memastikannya, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diperoleh diagnosa pasti yang berkaitan dengan keluhan yang anda rasakan, sehingga dokter dapat memberikan terapi pengobatan yang tepat.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait :


Calcusol kapsul , Enatin kapsul , Keling , Nephrolit

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR