TBC

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Teman saya beberapa minggu lalu menggunakan alat makan yang sama dengan penderita tbc. Apa yang harus dia lakukan agar tak tertular?

Jawaban tentang "TBC"

Salam sehat Sdri. Yuli,

 

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Kami dapat memahami kekhawatiran teman Anda saat ini. Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteriMycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet (partikel air) yang dikeluarkan penderita TBC ke udara saat bersin atau batuk, dimana cairan tersebut mengandung kuman tuberkulosis. Kuman dalam droplet dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30oC), dan menginfeksi setiap orang yang menghirupnya. Jadi droplet berbeda dengan air liur. Penggunaan alat makan bersama tidak serta-merta menularkan kuman TBC ini, kecuali telah terkontaminasi droplet dari penderita TBC.


Agar tidak tertular TBC, sarankan kepada teman anda untuk melakukan tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita), dan memenuhi asupan nutrisi termasuk multivitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Selain itu, disarankan untuk melakukan tes laboratorium guna memastikan tertular atau tidaknya teman anda oleh kuman droplet penderita TBC dan konsultasikan hasilnya dengan dokter.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Terima kasih.

 

Produk terkait :


Imboost Force , Stimuno forte kapsul

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR