PENGOBATAN SINUSITIS

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya mau nanya hidung saya suka mampet, saat bernapas ada bau tak sedap dari hidung saya dan saya suka batuk berlendir tetapi batuknya tidak sering. Apakah ini saya terkena sinusitis? Obat apa yang harus saya konsumi untuk penyembuhannya? Terimakasih

Jawaban tentang "Pengobatan Sinusitis"

Salam sehat Bp. Kurnia,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sinusitis merupakan peradangan di rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan tersebut  dapat dipicu oleh faktor infeksi bakteri, virus, dan jamur, atau faktor non infeksi berupa alergi yang dapat memblokir lubang sinus.


Pada kasus infeksi yang disebabkan karena bakteridapat diobati dengan pemberian antibiotik. Sedangkan, untuk sinusitis karena alergi, pengobatan hanya ditujukan untuk mengurangi gejala saja, bukan menghilangkan penyebabnya. Yang harus diperhatikan untuk sinusitis karena alergi adalah dengan menghindari penyebab alerginya.


Apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus seperti :  mata, otak, dan paru. Namun, keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.


Untuk pengobatannya, kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialist THT agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Serta dokter dapat memberikan terapi pengobatan yang tepat sesuai gejala dan penyebab sinusitis anda.


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait   :


Sea  Q DrysinAfrin Nasal ,Meiact 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

Dewi komalasari

Dok saya mau tanya .. Saya mengalami sakit kepala di bagian alis sebelah kanan .. Kalo sedang terasa sakit sampai mengeluarkan air mata hidung sbelah kanan pun mengeluarkan cairan seperti air .. Penyebabnya apa ya dok dan cara menanganinya bagaimana serta obat apa yang bagus untuk pereda nyeri. Trimakasih

20 Jun 2018 09:37
Admin

Salam sehat ibu Dewi,

Terdapat beberapa kemungkinan yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan keluhan Anda. Apakah keluhan yang dirasakan dominan di nyeri area wajah? Apakah ada kelumpuhan otot-otot wajah? Bila keluhan yang dirasakan lebih dominan pada rasa nyeri tanpa kelumpuhan otot wajah maka ada beberapa kemungkinan, diantaranya:
1. Trigeminal neuralgia : adalah sebuah gangguan rasa sakit yang memengaruhi saraf trigeminal. Kondisi ini paling umum dialami oleh perempuan yang berusia 50 tahun ke atas dibandingkan pada pria dengan rentang usia yang sama. Saraf trigeminal adalah saraf yang mengantarkan sensasi dari wajah menuju otak, sekaligus mengontrol sebagian fungsi motorik wajah, seperti mengunyah dan menggigit.
2. Migrain : adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja.

Pengobatan penyakit ini dengan pereda nyeri membutuhkan pemeriksaan langsung karena dibutuhkan penilaian atas skala nyeri yang terjadi dan apakah ada faktor peradangan sebagai penyebabnya.

Saran kami, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut.


Dr. Budi

============================================================================================ Panggil Dokter ke rumah dengan Aplikasi Medi-Call yang dapat di-download di App Store /Google Play Store Obat yang diresepkan untuk Sobat Sehat dapat dibeli di Apotek Online K24Klik yang bisa didownload di App Store/Google Play Store Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

21 Jun 2018 02:12