KESEHATAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

saya mau menanyakan obat yang cocok untuk batuk kering dan sesk napas, obat pengencer dahak agar mudah keluar

Jawaban tentang "kesehatan"

Dear Ibu Widi,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Batuk kering atau batuk tidak produktif adalah batuk yang tidak disertai dengan dahak. Sedankan, batuk berdahak atau batuk produktif adalah suatu bentuk mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat asing dalam saluran nafas, melalui dahak. Dahak yang keluar bisa berwarna putih, kuning, atau hijau, tergantung dari tingkatan batuknya. Batuk dengan dahak berwarna kuning sampai hijau, bisa menjadi indikasi adanya infeksi pada saluran nafas.


Penyebab batuk pada kedua jenis batuk ini biasanya dikarenakan rangsangan dari makanan, alergi terhadap debu atau bau, asap rokok (yang kadang juga memicu timbulnya batuk disertai sesak), maupun karena perubahan cuaca.


Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mengobati batuk adalah dengan mengenali penyebabnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab batuk yang anda alami. Setelah itu, baru dapat diberikan obat batuk yang sesuai.


Selain dengan pemberian obat batuk, dapat juga diberikan lozenges untuk membantu melegakan pernafasan, minum teh hijau yang dapat mengencerkan lendir secara alami, banyak minum air putih, menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya batuk (terutama untuk batuk karena alergi), dan bagi yang merokok sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Kemudian untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan kondisi tubuh, anda dapat meminum multivitamin atau suplemen.

 


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait :

 Mucopect sirup ,
Actifed merah sirup , Silex sirup , Levopront syr , Actifed hijau sirup Imboost Force tab

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR