OLIGOSPERMIA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dok., saya mau mencari obat untuk penyakit yang saya derita.. Oligoospermia.. mohon pencerahaannya.. selama 3 bulan ini saya minum obat Torex 2 kali satu hari tapi belum ada perubahan.

Jawaban tentang "Oligospermia"

Dear Bp. M,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan saat ini, dan tentunya hal tersebut sangat mengganggu anda. Kualitas dan kuantitas sperma dapat diketahui dengan melakukan tes/analisa sperma. Pada kondisi dimana hasil tes menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, penanganannya memerlukan peran dokter spesialis andrologi agar dapat diberikan terapi yang sesuai dengan penyebabnya. Faktor yang mempengaruhi produktivitas dan kualitas sperma antara lain :

- faktor genetik (kromosom)

- suhu tinggi

- kelainan organ reproduksi, saluran kemih, dan hormon.

- kurang nutrisi dan vitamin (vitamin C, selenium, zinc, folat)

- kemoterapi, obesitas, merokok, alkohol, logam berat, dsb

- faktor psikologis: stres, panik, depresi

- faktor lingkungan: air yang tercemar

- gaya hidup yang tidak sehat

Sebagai pertanyaan dari kami, obat yang anda minum (Torex) apakah merupakan resep dari dokter? Pada keadaan dimana anda merasa obat tersebut tidak memberikan manfaat, apakah anda sudah mengkonsultasikan kembali mengenai hal tersebut dengan dokter yang memberikan resep?

Perlu anda ketahui, terapi untuk mengatasi keluhan anda memang memerlukan proses yang panjang dan perlu adanya pengawasan dari dokter spesialis andrologi. Sehingga dokter dapat menentukan terapi lanjutan yang sesuai berdasarkan perkembangan keluhan yang anda alami. Saran dari kami, sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter berkaitan dengan kondisi yang anda alami sekarang ini, setelah anda minum obat Torex.

Selain itu, untuk mendukung terapi Anda juga dapat menerapkan pola hidup sehat antara lain : mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan pola makan yang teratur, hindari junk food, kurangi stress, tambah asupan vitamn C terutama bila Anda perokok (karena kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal), atur jadwal berhubungan intim (2 – 5 hari sebelum pasangan Anda menurut dugaan akan mengalami ovulasi), tidak berolahraga secara berlebihan (karena olahraga berlebihan dapat meningkatkan suhu di sekitar testis yang dapat menurunkan produksi sperma), tidak memakai celana ketat, diet sehat untuk menjaga berat badan normal, berhenti merokok, dan hindari narkoba.

Dengan gaya hidup yang seimbang dan pola hidup yang sehat, dapat membantu membuat sistem reproduksi pria menjadi sehat dan sperma yang dihasilkannya pun berkualitas. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 
Produk terkait : Oligocare , Tribestan

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR