DEPRESI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Depresi Seorang pasien laki-laki berusia 28 tahun, karyawan bank, mengalami perasaan (mood) yang memburuk dalam 2 bulan terakhir ini, tidak ingin makan, kadang di malam hari tiba-tiba sedih, sulit untuk tidur, malas beraktivitas dan bekerja, saat kerja sulit untuk fokus pada pekerjaan dan tiba-tiba seperti tidak mampu lagi melakukan pekerjaannya dulu, sehingga ia merasa stress. Hasil diagnosis dokter : pasien dinyatakan mengalami depresi mayor, disarankan menjalankan psikoterapi dan memulai terapi dengan antidepresan sitalopram 20 mg/1x sehari, ditingkatkan pada minggu ke 2 menjadi 40 mg/1x sehari. Saat awal perjalanan terapi ia merasa moodnya membaik, beberapa kondisi sudah berubah lebih baik, namun beberapa efek samping mulai dirasakan seperti rasa cemas, panik, sulit tidur, mudah marah. Pertanyaan : a. Kajilah apakah terapi yang diberikan sudah sesuai algoritma terapi? b. Apa monitoring yang perlu dilakukan untuk pasien tsb? c. Bagaimana mengatasi munculnya beberapa efek samping pada pasien? d. Perlukah obat tambahan untuk pasien tsb? Bila perlu, obat apa yang anda sarankan?

Jawaban tentang "Depresi"

Salam sehat Sdr/i Haeria,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Kondisi ini apakah anda alami atau studi kasus?


Citalopram adalah obat untuk mengobati depresi. Obat ini termasuk golongan obat antidepresan SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor) yang berfungsi mengembalikan keseimbangan serotonin dalam otak sehingga meningkatkan energi dan perasaan. 

Obat ini juga dapat mengubah mood dan perilaku, seperti jadi gampang cemas dan panik, atau mudah merasa tertekan dan marah, agresif, hiperaktif (mental dan fisik).  


Untuk mendapatkan penjelasan sebaiknya bisa didiskusikan dengan dokter atau bisa juga dengan Apoteker secara pribadi. Pertanyaan pertanyaan yg ditanyakan, merupakan diskusi dalam studi kasus oleh tenaga kesehatan. 


Terimakasih untuk pertanyaannya.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.     

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR