KESEHATAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dokter sy mau tanya saat tidur bebrapa menit , sya merasakan kejang tiba -tiba ( tubuh bergerak sendiri scra mendadak) tp cma sbntr, sprti org kaget? Terima kasih...

Jawaban tentang "KESEHATAN"

Salam sehat Sdr. Putra,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Kejang mendadak saat sedang tidur, dapat disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama, jika keluhan Anda berupa kedutan atau kejang otot pada salah satu bagian tubuh maka disebut dengan hypnic jerk atau mioklonus positif. Mioklonus positif adalah gerakan tidak sadar berupa kontraksi otot yang muncul selama tahapan hypnagogia (kondisi di mana seseorang sedang mulai jatuh tertidur).


Umumnya, hypnic jerk ini diikuti rasa ingin terjatuh atau kaget sewaktu tidur. Dalam semalam, hypnic jerk biasanya dirasakan 1-2 kali dan dapat timbul dalam kondisi tidur yang normal. Hypnic jerk ini memang lebih sering terjadi pada mereka yang jam tidurnya tidak teratur, kurang tidur lebih dari 24 jam, atau mereka yang terbangun padahal waktu tidur mereka masih kurang.


Namun, jika yang Anda alami adalah kejang pada seluruh bagian tubuh, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga dapat diberikan terapi dan pengobatan yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Terima kasih.

 

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR