HERNIA

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Apa obat hernia di apotek

Jawaban tentang "Hernia"

Salam sehat Bp. Riski,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Hernia adalah penonjolan organ dalam pada permukaan tubuh yang terjadi karena kelemahan jaringan atau dinding otot yang melapisinya. Bila kondisinya berkembang menjadi parah, apalagi sampai menimbulkan keluhan seperti rasa sakit dan tidak bisa buang air besar, dokter tentu akan menganjurkan tindakan operasi. 


Beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum melakukan tindakan operasi, antara lain:

1. Ubah pola makan sehat

Perubahan pola makan dapat mengurangi gejala hernia berkembang menjadi lebih parah, terutama pada hernia hiatus yang terjadi pada lambung. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di antaranya menghindari konsumsi makanan dengan porsi besar, jaga berat badan seimbang, serta hindari berbaring atau membungkuk setelah makan.

2. Hindari terlalu sering mengejan

Terlalu sering mengejan saat buang air besar besar bisa memperburuk kondisi hernia. 

3. Lakukan olahraga yang tepat

Olahraga dapat membantu mengurangi berat badan dan mengurangi gejala hernia serta memperkuat otot di sekitar area hernia, sehingga juga bisa menjadi salah satu pengobatan hernia tanpa operasi. Berbagai jenis olahraga yang aman dilakukan untuk penderita hernia adalah berjalan kaki, jogging, renang, bersepeda, dan yoga. 

4. Konsumsi obat-obatan

Jika Anda memiliki hernia hiatus, ada beberapa jenis obat asam lambung untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Obat tersebut termasuk antasida, penghambat reseptor H-2, dan penghambat pompa proton. 

Pada kondisi hernia lain, obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) mungkin diberikan untuk meringankan keluhan. Seperti Asam Mefenamat tabPirocam 20mg atau bisa dengan Kaflam 50mg.


Namun untuk mendapatkan terapi yang sesuai, periksakan ke dokter spesialis.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.   

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR