PENGOBATAN FISSURA ANI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Selamat siang dok, saya sdh hampir 2 bln yg lalu dikira sakit wasir, dan stlah itu saya minum berbagai mavam obat wasir tpbg kunjung sembuh. Tp setelah saya ke dokter spesialis dikatakan sakit fissura any dan stlh siberikan obat sàkit saya sdh jauh lbh baik walaupun kadang msh sedikit sakit. Yang akan saya tanayakan adlh knp saat ini perut saya kdg sering mulas tp ga bisa BAB ? Sakit apakah saya ini dan hrs berobat kemana ? Minum obat apa ? Terima kasih Dok


( Bp.Singgih, 49 th, Semarang )

Jawaban tentang "Pengobatan Fissura Ani"

Dear Bp. Singgih,


Terimakasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker di Apotek K-24 dan yang kami sampaikan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Fissura ani merupakan suatu luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini mudah mengalami kekambuhan, yang biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar (BAB) yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera ulang pada daerah anus tersebut.


Dengan tujuan mengatasi hal-hal di atas, dokter biasanya meresepkan obat pencahar (laksatif) untuk membantu melancarkan buang air besar atau untuk melunakkan feses serta obat-obat lain yang dibutuhkan oleh pasien. Perut terasa mulas bisa saja terjadi pada beberapa orang yang mengonsumsi obat pencahar dalam jangka panjang. Untuk memastikan apakah perut mulas yang anda rasakan hanya karena efek samping dari obat pencahar atau tidak, sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang menangani anda saat pengobatan fissura ani.

Untuk membantu mengurangi resiko terjadinya kekambuhan, anda dapat merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat lagi dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat, mendapat asupan cairan minimal 8 gelas sehari, mengurangi konsumsi kafein, teh, alkohol yang berlebihan, hindari menunda buang air besar, dan kebiasaan sehat lain yang dapat membantu kerja saluran pencernaan anda.



Terima kasih dan semoga bermanfaat!



Produk Terkait :


Laxadin sirup Mefinal tablet , Mulax , Pralax

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR