FISURA ANI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Hallo , saya ingin bertanya setelah melahirkan normal 3 minggu yang lalu saya jadi susah BAB , dan akhirnya sembelit + feses susah keluar krna besar jadi saya paksa akhirnya keluar darah dan nyeri sekali di bagian anus saya, setelah saya searching di google saya mengalami tanda" fisura ani" apakah fisura ani ada obatnya yg bisa dibeli di apotek?

Jawaban tentang "Fisura Ani"

Salam sehat Sdr. Yeni,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.


Fisura ani adalah luka atau robekan di anus. Kondisi ini paling sering terjadi karena cedera di anus akibat sembelit atau diare. Fisura ani biasanya ditandai dengan nyeri tajam di anus atau buang air besar (BAB) berdarah.


Fisura ani biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Meski demikian, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 


Pemberian obat-obatan bertujuan untuk meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Jenis obat-obatan yang bisa digunakan:

  • Salep yang mengandung kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan di anus seperi BetasoneHydrocortison atau Kloderma
  • Obat antinyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen atau menggunakan merk dagang SanmolPanadol atau Proris

Apabila setelah menggunakan salah satu dari produk diatas, belum mengalami kesembuhan, silahkan datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.    

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR