DIARE ANAK

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

anak saya demam dan mengeluh perutnya sakit pd saat itu blm terjadi diare, lalu mengeluh ingin muntah dan mual sampe akhirnya muntah,baru setelah nya anak saya diare,sebaiknya saya menggunakan obat apa ya? klo ke dokter ini hari libur dan klo hari libur dokter anak juga libur, mhn bantuannya....terimakasih sebelumnya

Jawaban tentang "Diare Anak"

Salam sehat Ibu Nani,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.



Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang diberikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.



Diare adalah peningkatan frekuensi buang air besar ( 3x atau lebih) atau penurunan konsistensi tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam atau satu hari. Diare dapat dibagi menjadi diare akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari), dan kronik (lebih dari 1 bulan). 


Penyebab diare pada anak dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh : virus (paling sering), infeksi bakteri atau parasit, laktosa (gula yang terdapat di dalam susu formula), hingga penyakit non-infeksi tertentu seperti irritable bowel syndrome atau inflammatory bowel disease.



Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, buang air besar berdarah, dan demam. Diare dapat menyebabkan dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh yang dikeluarkan. Sehingga, selain pengobatan terhadap penyebabnya, penanganan yang paling penting saat buah hati anda diare adalah pemberian cairan oralit (re-hidrasi) untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 



Mengenai obat yang diberikan untuk menangani diare pada buah hati anda, sebelum memberikan  suatu obat tertentu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak. Agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebabnya dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat untuk buah hati anda. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter di Rumah Sakit, karena meskipun hari libur, pelayanan pemeriksaan di Rumah Sakit tetap beroperasi seperti biasa.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.



Terima kasih.



Produk terkait :



Lacto B sachet   , L-bio sachet  Bioralit  Protexin Infant   

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR