TUKAK LAMBUNG

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Maaf saya mau tanya obat untuk tukak lambung, di Apotek K-24 biasanya diberikan obat apa? Dan apakah harus dibeli dengan resep dokter?
(Ibu Nophi, 24 tahun, Klaten)

Jawaban tentang "Tukak Lambung"

Dear Ibu Nophi Dwi,

Terima kasih untuk pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker

Tukak lambung atau stomach ulcer adalah kondisi luka pada lambung karena adanya kerusakan pada mukosa lambung atau usus halus akibat sekresi asam lambung yang berlebih. Selain itu, infeksi bakteri Heliobacter pylori yang ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi, dan juga penggunaan Aspirin secara kronis ikut berperan penting menyebabkan tukak lambung.

Tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri harus diobati dengan antibiotik. Antibiotika yang sering dipakai adalah kombinasi klaritromisin dengan amoksisilin atau metronidazol, yang harus digunakan sekitar 2 minggu. Selain itu, juga dikombinasi dengan obat-obat lain yang bertujuan menteralkan asam lambung (misalnya antasida, simetidin, ranitidin, omeprazol), ataupun yang melindungi mukosa lambung dari sekresi asam lambung yang berlebihan (misalnya sukralfat, misoprostol). Antasida eperti Promag, Mylanta, atau Plantacid Forte dapat Anda beli tanpa harus menggunakan resep dokter. Sedangkan, antibiotik dan obat-obat lainnya bisa Anda peroleh dengan resep dokter.

Selain dengan obat, Anda perlu menghindari makanan yang terlalu asam atau pedas, jangan sampai perut kosong (makan dengan porsi sedikit-sedikit tetapi lebih kerap), dan kurangi stress. Stress bukan penyebab tetapi bisa memperparah tukak lambung.

Terima kasih. Semoga membantu.

 

Produk terkait : Inpepsa syrup , Rantin tablet , Farmacrol syrup , Fucoidan tablet , Pantozol , Prosogan FD

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR