FLU,BATUK DAN SESAK NAFAS SAAT HAMIL

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Halo saya sedang hamil 6 bulan saat ini saya sedang terkena flu,batuk dan sesak nafas apakah ada obat yang aman untuk ibu hamil?

Jawaban tentang "Flu,batuk dan sesak nafas saat hamil"

Salam sehat Ibu Dara,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter. 



Flu merupakan penyakit musiman yang datang saat daya tahan tubuh seseorang menurun. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, pada ibu hamil dan ibu menyusui, penggunaan obat batuk flu menimbulkan dilema tersendiri. Jika tak diobati takut janin atau bayinya tertular, tetapi jika diobati takut obat-obatan yang dikonsumsi memberikan efek samping bagi si kecil. Pengobatan flu pada ibu hamil dan menyusui memang memerlukan perhatian khusus karena beberapa jenis obat batuk flu dapat mempengaruhi kondisi janin maupun produksi ASI.


Pada umumnya, ada beragam obat batuk flu yang sering digunakan, yaitu berupa obat kombinasi yang biasanya mengandung antihistamin untuk mengatasi bersin-hidung gatal & meler, dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat, antitusif untuk mengatasi batuk kering, ekspektoran untuk mengatasi batuk berdahak, analgesik untuk meringankan nyeri, dan antipiretik untuk menurunkan demam. Saran kami, meskipun ada beberapa jenis obat batuk flu yang aman bagi ibu hamil dan menyusui, konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan minumlah obat flu hanya pada saat diperlukan.


Selain itu, prinsip pengobatan flu lainnya adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Vitamin dapat diasup dari makanan yang anda konsumsi. Akan tetapi, pada kondisi dimana dari makanan saja belum memenuhi kebutuhan vitamin sesuai dengan kondisi tubuh, maka dapat diberikan asupan vitamin tambahan.



Namun, sama seperti penggunaan obat flu, penggunaan vitamin tambahan untuk ibu hamil / menyusui sebaiknya juga dikonsultasikan terlebih dahulu untuk ketepatan dosis dan keamanan penggunaannya. Selain itu, beristirahatlah yang cukup, lakukan olahraga ringan, konsumsi makanan yang bergizi, dan minumlah banyak air putih.


============================================================================================

Panggil Dokter ke rumah dengan Aplikasi Medi-Call yang dapat di-download di App Store /Google Play Store

Obat yang diresepkan untuk Sobat Sehat dapat dibeli di Apotek Online K24Klik yang bisa didownload di App Store/Google Play Store


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.  

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR