KEWANITAAAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Pertama, Bagaimana cara menjaga kebersihan daerah kewanitaan ketika sehari-hari dan datang bulan? Bagaimana solusinya?
Kedua, bagaimana cara menentukan (perhitungan) masa subur jika siklus datang bulannya tidak teratur?
Terima kasih

Jawaban tentang "Kewanitaaan"

Salam sehat Sdri. Pipit,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Pada dasarnya, membersihkan vagina dengan menggunakan air bersih saja sudah cukup, karena vagina memiliki mekanisme sendiri untuk pembersihan. Selain itu, menjaga kebersihan vagina sebenarnya mudah dilakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan :

1. Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi. Selain mampu menciptakan efek rileks, membasuh vagina menggunakan air hangat juga dapat meredakan nyeri saat sedang menstruasi.
2. Kenakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan terasa lebih segar karena bahan tersebut juga dapat menyerap keringat. Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, dan tingkatkan menjadi 3 kali sehari terutama jika anda sedang mengalami keputihan.
3. Saat sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam. Apalagi jika darah menstruasi sedang banyak-banyaknya.
4. Setelah buang air, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran yang berasal dari saluran pembuangan supaya tidak sampai ke area vagina. Selain itu, jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue.
5. Hindari penggunaan berbagai produk pembersih, karena penggunaan produk pembersih yang tidak tepat justru dapat mengganggu flora bakteri normal yang seharusnya ada di dalam vagina. Jika terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan atau bidan tentang produk apa yang sebaiknya digunakan.


Sedangkan mengenai masa subur adalah sekitar lima hari sebelum dan dua hari sesudah terjadinya pengeluaran sel telur dari indungnya. Proses ini disebut juga dengan ovulasi dan terjadi kira-kira 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Namun, perhitungan masa subur ini hanya efektif atau akurat apabila siklus menstruasi anda tergolong normal (siklus terjadi setiap 21-35 hari, selama kurang lebih 3-7 hari, dengan volume darah kotor yang keluar sekitar 20-60 ml). Apabila siklus menstruasi tidak berlangsung teratur, maka perhitungan masa subur tersebut terkadang tidak akurat.


Untuk penentuan masa subur yang lebih akurat, anda bisa menggunakan alat tes ovulasi yang dijual bebas di apotek atau toko alat kesehatan. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar hormon seks pada air seni, dan berbentuk seperti strip pada alat tes kehamilan. Selain aman alat ini juga mudah sekali digunakan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.


Produk terkait :
Ovutest Scope, Lactacid Women, Prive Delicate Manjakani

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR