VITAMIN KEHAMILAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Salam kenal..saya memasuki kehamilan 5 bulan. Selama ini saya selama konsultasi ke dr.spog saya dikasi vit. Nulacta. Yang saya ingin tanyakan apakah kalau sudah kita mengkonsumsi vitamin tsb apa perlu vitamin lainnya misalnya asam folat..trims

Jawaban tentang "Vitamin Kehamilan"

Dear Ibu Novi,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Selama masa kehamilan, kebutuhan gizi ibu memang cenderung lebih banyak dibandingkan orang pada umumnya. Hal ini disebabkan karena gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu bukan hanya untuk pertumbuhan dan kesehatannya sendiri, melainkan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan adalah asam folat.


Asam folat atau folic acid merupakan zat gizi essensial yang sangat baik dikonsumsi empat bulan sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan (terutama pada trimester pertama) . Karena, asam folat dapat memperbaiki kekurangan asupan zat gizi dalam tubuh khususnya vitamin B. Sebelum kehamilan, dosis asam folat yang dianjurkan adalah 400 mcg atau 0,4 mg perhari, sedangkan pada trimester pertama kehamilan dosis asam folat yang dianjurkan adalah 600 mcg atau 0,6 mg perhari.


Dari berbagai hasil penelitian, disebutkan bahwa asam folat atau yang disebut juga dengan Vitamin B9 ini berfungsi meningkatkan perkembangan otak janin dan mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah hipertensi dan anemia pada ibu hamil. Karena asam folat tidak diproduksi di dalam tubuh, anda harus rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung asam folat setiap hari, seperti jus jeruk, bayam, oatmeal, strawberry, asparagus, dan roti. Namun, pada kondisi dimana asupan asam folat dari makanan belum terpenuhi, biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung Asam Folat.


Terkait dengan suplemen yang Anda konsumsi saat ini (Nulacta), suplemen Nulacta manakah yang Anda maksud? Karena ada 2 jenis produk yaitu Nulacta dan Nulacta Plus. Secara umum keduanya memiliki kandungan yang sama, yaitu Fish oil 18/12, EPA/DHA 373 mg, peppermint oil 3 mg, dan vitamin E 4 mg. Hanya saja, pada Nulacta Plus sudah ada tambahan asam folat 400 mcg. Jika yang Anda maksud adalah Nulacta biasa, mengingat usia kehamilan Anda yang sudah memasuki usia 5 bulan, maka) perlu atau tidaknya anda mengkonsumsi asam folat tambahan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter SpOG.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.


Produk terkait :

Folavit 400mcg, Folavit 1 mg

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

Prepiana ika yusytha

Assalamuallaikum ..salam kenal.. saya sedang merencanakaan kehamilan sambil program hamil saya memperbanyak informasi dengan membaca blog tentang kehamilan. ada pertanyaan seputar vitamin kehaamilan .. apakah nulacta dapat mencerdaskan bayi yg akan dilahirkan ? vitamin apa yg paling baik untuk mengoptimalkan kecerdasan bayi ? dimana saya dapat membelinya.. mohon penjelasannya..terimakasih

02 Apr 2015 11:22
Admin

Salam sehat Ibu Ika, Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker. Kecerdasan janin di dalam kandungan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya : faktor keturunan atau genetik dan faktor lingkungan (termasuk asupan gizi). Perkembangan otak bayi terjadi sangat pesat pada masa golden age,yaitu sejak dalam kandungan hingga bayi berusia 3 tahun. Perkembangan otak ini sangat dipengaruhi oleh nutrisi dan juga stimulasi dari lingkungan sekitarnya. Nutrisi yang dibutuhkan bayi pada usia emasnya ini adalah nutrisi yang mengandung banyak protein, karbohidrat, dan lemak. Karena, pada janin dalam kandungan hingga bayi berusia 1 tahun, 60% energi dari makanan bayi akan digunakan untuk pertumbuhan otaknya. Selain itu, mereka juga membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti Tyrosine dan Tryptophan. Semua zat-zat yang disebutkan diatas diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi, pemusatan perhatian (konsentrasi), mempengaruhi pengendalian diri, emosi, dan perilaku anak. Nulacta mengandung Fish oil 18/12 EPA/DHA 373 mg, peppermint oil 3 mg, dan vitamin E 4 mg yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin. Namun, sebelum anda memutuskan mengkonsumsi vitamin atau suplemen tertentu pada masa kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan agar dapat diberikan suplemen yang tepat dan aman bagi anda dan calon buah hati anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

08 Apr 2015 10:11