OBAT LUAR BEKAS JAHITAN EPISIOTOMI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

apakah obat buat luar dan obat makan buat wanita melahirkan yang kena episiotomi? tolong di bantu.

Jawaban tentang "obat luar bekas jahitan episiotomi"

Dear Bp. Ari,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Episiotomi adalah tindakan pengguntingan otot perineum (jaringan otot kerampang antara dubur dan vagina) untuk membantu jalannya lahir. Setelah proses persalinan, dokter akan menyatukan kembali luka bekas episiotomi tersebut. Luka jahitan tersebut harus dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi dan membantu proses penyembuhannya.


Adapun cara perawatan luka episiotomi yang baik adalah sebagai berikut : rajin mengganti pembalut dengan pembalut baru yang bersih dan nyaman, rajin membersihkan bekas luka dengan membasuhnya menggunakan air hangat (terutama setiap usai BAK dan BAB), menggunakan celana dalam bersih dari bahan katun (hindari penggunaan celana dalam dari bahan yang dapat menyebabkan alergi), Konsumsi makanan berprotein tinggi agar luka jahitan cepat sembuh (telur, ikan, ayam, daging, tahu, dan tempe), dan lakukan latihan senam kegel serta senam nifas.


Penggunaan obat luar (biasanya dalam bentuk salep) maupun obat minum untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis obstetri atau bidan. Agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi luka bekas jahitan tersebut dan dapat diberikan terapi pengobatan dan perawatan yang tepat.


Terima kasih, semoga bermanfaat.

 
Produk terkait :

Zinc 30 Pharmacore

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR