TERLAMBAT DATANG BULAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Salam,

Saya menikah 1 tahun yang lalu, Saya biasanya telat bulan rutin setiap tanggal 20an, terakhir datang bulan tanggal 23 Juli 2014 harusnya saya datang bulan lagi sekitar tanggal 23 agustus 2014, sekarang sudah telat 3 minggu, sudah test pack 2 kali hasilnya negatif.
Hari jumat tanggal 12 september saya datang bulan tapi hanya 1 malam besoknya bersih lagi.
Pertanyaannya:
1. Apakah saya hamil atau ada sesuatu dengan rahim saya?
2. Adakah obat untuk melancarkan datang bulan saya yang sudah terlambat 3 minngu yang lalu?

Salam
Dini

Jawaban tentang "Terlambat datang bulan"

Dear Ibu D

Terima kasih untuk pertanyaan yang Ibu ajukan kepada Halo Apoteker

Terlambat datang bulan merupakan permasalahan yang menghampiri sebagian kaum perempuan. Kondisi ini bisa jadi karena kehamilan, tapi bisa juga karena masalah kesehatan. Terlambat datang bulan yang bukan terindikasi kehamilan, dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya, apakah anda perokok aktif, sedang mengalami sakit, atau stress? Karena menurut penelitian, merokok, kondisi tubuh yang sedang sakit, atau stress ditengarai dapat membuat haid seseorang tidak lancar.

Untuk mengetahui secara pasti kondisi apa yang anda alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis ginekologi dan lakukan USG perut untuk mengetahui penyebabnya. 

Untuk gangguan siklus menstruasi yang disebabkan bukan karena kehamilan, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan : hindari aktifitas fisik yang berat, hindari stres (karena stres menyebabkan produksi esterogen dan progesteron terganggu, yang dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur), cukup asupan gizi (menjaga pola makan agar cukup kualitas nutrisi dengan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum serta hindari junk food dan makanan berlemak), tidak merokok dan minum minuman beralkohol.

Terima kasih, semoga bermanfaat  

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR