SAKIT GIGI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya baru perawatan gigi, saat ini masih ditambal sementara.
Sehari setelah dilakukan tindakan gusi (di langit2 atas) bengkak. Saya sudah minum diclofenac, baru 1x minum.
Apa yang harus saya lakukan?
Apakah perawatan nya gagal?
Makasih

( Dessy, 28 tahun, Depok )

Jawaban tentang "Sakit Gigi"

Salam sehat Sdri. Dessy,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Prosedur penambalan gigi dilakukan pada gigi yang berlubang (karies), dimana lubang tersebut dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri. Infeksi bakteri dapat melarutkan email permukaan hingga ke bagian dalam gigi sehingga terbentuk lubang atau karies yang di dalamnya mengandung banyak bakteri dan sel mati yang bisa memicu pembusukan.


Oleh karena itu, sebelum di tambal lubang tersebut harus dibersihkan dan disterilkan terlebih dahulu dengan perawatan saluran akar gigi agar terbebas dari bakteri. Karena, apabila langsung di tambal tanpa disterilkan terlebih dahulu, bakteri yang ada di dalamnya akan melanjutkan infeksinya ke saluran akar dan berlanjut merusak jaringan penyangga gigi yaitu gusi. Hal tersebut yang membuat gusi anda menjadi bengkak.


Namun, meskipun proses penambalan gigi anda menyebabkan gusi anda bengkak, bukan berarti perawatan tersebut gagal. Sebaiknya anda berkonsultasi ulang kepada dokter gigi atau dokter spesialis konservasi gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan ulang dan diberikan solusi serta penanganan yang tepat untuk keluhan yang anda alami.


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Produk terkait :


Cataflam 50 mg , Amoxsan 500 mg , Nonflamin , Kalmoxillin 500 mg

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR