SARIAWAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

3bln terakhir ini saya sering sariawan, jika sdh sembuh maka muncul di sisi yang lain.. Apakah hal tsb ada hubungannya dg kondisi sy yg kurang istirahat serta kebiasaan sy yg gemar mengonsumsi susu coklat serta minuman2 yg berbau coklat ? Krn sempat seminggu sy tdk meminum susu/semacamnya, sariawan tsb tdk muncul, namun ketika sy coba minum lg, 2-3 hari kemudian sariawan tsb muncul , dan sangat sering di bagian lidah. Mohon tips & pencerahannya. Thanks

Jawaban tentang "Sariawan"

Salam sehat Sdri. Osani,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Pada umumnya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Namun, sariawan yang rekuren atau kembali terjadi memang sering dialami oleh sebagian kecil orang dan hal ini memang cukup mengganggu. Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya sariawan yang rekuren tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan.

 

Faktor tersebut tidak hanya berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin C atau kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait dengan timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik, dan penyakit tertentu.

 

Yang perlu diperhatikan dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor penyebabnya terlebih dahulu. Setelah diketahui penyebabnya, barulah diberikan terapi pengobatan yang tepat. Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan yang anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Selain itu, beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mencegah terjadinya sariawan yang rekuren, antara lain : menjaga kebersihan rongga mulut  dengan rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, rutin membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang, konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral, dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kambuhnya sariawan.

 

 

Produk terkait :

 

Holisticare Ester-C , Vitalong C , Albothyl Concert , Enkasari , Aloclair Plus , Mycostatin , Betadin Gargle

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR