BERAT BADAN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

saya berusia 21 tahun apakah bisa tinggi dan berat badan saya cuma kurang lebih 37 bagaimana cara menambahkan berat badan saya, saya pernah gemuk saat usia 18 tahun ?

Jawaban tentang "berat badan"

Salam sehat Sdri. Wasiaturriskiyah,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Perlu anda ketahui, bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di  tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada usia pubertas dan akan menutup pada usia 20-21 tahun. Proses penutupan lempeng tersebut dapat dipastikan melalui foto rontgen. Jadi, selama lempeng tersebut belum tertutup, maka anda masih memiliki kesempatan untuk menambah tinggi badan.


Selain itu, tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain : genetik (keturunan), gizi, dan aktivitas fisik. Faktor gizi meliputi asupan protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, yang diikuti oleh pola makan dengan gizi yang seimbang. Sedangkan, faktor aktivitas fisik meliputi olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu proses metabolisme tubuh.

 

Untuk itu, dalam upaya menambah tinggi badan, kami menganjurkan anda untuk melakukan olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton, berenang, aerobik, dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang anda dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan.


Selain dengan olah raga, asupan makanan yang kaya protein dan vitamin juga diperlukan dalam usaha menambah tinggi badan. Protein dan vitamin tersebut dapat anda peroleh melalui makanan, seperti : daging, ayam, ikan, kerang, cumi, putih telur, kacang-kacangan, dan susu berkalsium. Namun, apabila kebutuhan nutrisi anda belum tercukupi dari makanan yang anda makan, maka anda bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan yang mengandung kalsium untuk menambah tinggi badan.


Sedangkan, untuk menambah berat badan, dapat dilakukan dengan pemberian susu atau suplemen penambah berat badan. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah cukup. Penggunaan susu / suplemen juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur, misalnya olahraga fitness yang berfokus pada latihan angkat beban atau weight lifting. Latihan ini selain berfungsi membentuk badan lebih proporsional, juga akan menambah nafsu makan.


Selain itu, juga dibutuhkan pola makan & asupan nutrisi yang tepat. Makanlah secara teratur 3x sehari diselingi dengan 2x snack. Perlu anda ingat, menaikkan berat badan bukan berarti anda bisa makan sembarangan. Pilihlah jenis makanan yang tinggi protein, karbohidrat, dan kaya lemak sehat. Anda bisa mengkombinasikan makanan seperti daging, buah-buahan (seperti alpukat), sayur, dan kacang-kacangan setiap harinya agar nutrisi harian anda terpenuhi.


Kemudian, istirahatlah yang cukup dengan tidur 7 sampai 8 jam perhari, hentikan kebiasaan bergadang, dan bila Anda seorang perokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Menurut penelitian, nikotin yang terkandung di rokok dapat menekan nafsu makan. Selain itu, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih (2 liter perhari) untuk membantu sistem pencernaan agar proses penyerapan nutrisi berlangsung dengan optimal. Namun, sebaiknya hindari minum air putih sebelum makan , karena hal tersebut akan membuat Anda perut merasa kenyang sehingga hanya makan sedikit. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan kebutuhan kalori harian anda.


Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Produk terkait :

Prosteo susu  , Zevit Grow , Appeton Weight Gain , Eazycal , Calnic table

   

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR