APOTEK K-24: UNGGULKAN JAMINAN PELAYANAN

PENGALAMAN tak mengenakkan, tak jarang membawa keberuntungan. Inilah cerita tentang bisnis dr. Gideon Hartono, pemilik gerai Apotek K-24 yang buka 24 jam setiap hari. Pernah beberapa kali dia kesulitan mendapatkan apotek yang buka tengah malam, atau bahkan dinihari. Kalaupun ada, harga obat setinggi langit.


“Pengalaman itu menginspirasi saya untuk merintis apotek buka 24 jam, dengan layanan yang lain dari apotek konvensional,” kata Gideon, Direktur Utama Apotek K-24, belum lama ini.


Lelaki alumnus universitas terkemuka di Yogyakarta, yang tak melanjutkan kuliah dokter spesialis, ini pun mencanangkan konsep lima jaminan pelayanan. Selain buka 24 jam, apoteknya juga menyediakan100% obat asli, harga yang sama pada pagi, siang atau malam hari, konsultasi apoteker gratis, dan melayani pengantaran obat kepada konsumen dengan layanan free delivery pada jarak tertentu.


Menurut dr. Gideon, dengan lima jaminan tersebut, apoteknya sangat diminati masyarakat. Karena tidak lagi kesulitan memperoleh obat asli dan dengan harga terjangkau, kapanpun, dan dimanapun. Bahkan, mereka bisa konsultasi tentang resep yang harus ditebus kepada apoteker Apotek K-24 yang standby pukul 09.00-21.00 secara gratis.


Layanan itu diberikan karena nyatanya masih banyak masyarakat yang belum memahami cara minum, efek samping, dosis, atau waktu minum obat dengan benar. Misalnya, obat yag ditebus harus diminum sebelum atau setelah makan, dan sebagainya. Pria kelahiran Yogyakarta 10 Oktober 1963 ini berpandangan dengan bertanya kepada apoteker di apotek, masyarakat bisa memperoleh informasi yang lengkap, termasuk obat pengganti yang sesuai jika obat yang dicari tidak ada atau terlalu mahal.


Untuk mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat, Apotek K-24 dibangun di lokasi yang dekat dengan warga dan memudahkan layanan antar (delivery service) yang sangat membantu mereka yang tidak bisa datang ke apotek. “Cukup dengan telepon atau mengirim fax, kami akan antar obat sampai ke tangan si pemesan,” ujarnya.


Gerai Apotek K-24 yang buka pertama di Magelang pada 24 Oktober 2002 ini pun menuai sukses. Dan berangkat dari kesuksesan tersebut, pemilik Apotek K-24 memperluas jaringan apoteknya ke berbagai pelosok melalui sistem waralaba. Hingga saat ini jaringan Apotek K-24 jam telah mencapai 300 gerai dan hingga akhir 2012 ditargetkan bertambah 70 gerai lagi.


Bukan hanya konsep layanan, Gideon juga meletakkan prinsip-prinsip di apoteknya agar sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia. Misalnya, layanan gerai yang ramah, peduli, dan mengesankan. Logo Apotek K-24 pun dibuat dengan menggunakan unsur warna yang mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Hal tersebut juga diterapkan saat rekrutmen staf, yang menghindari adanya diskriminasi.


Berkat konsep dan layanan yang diterapkan, apotek ini meraih sejumlah penghargaan, misalnya sebagai apotek asli Indonesia yang pertama kali diwaralabakan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Dan dua tahun berturut-turut meraih penghargaan Top Brand dan Top of Mind. Apotek K-24 juga terbukti sukses melayani masyarakat dan menjadi mitra pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.


Menyadari semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan, Apotek K-24 berkomitmen untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggannya. Untuk itu Apotek K-24 bekerjasama dengan Apotek Online Obat24.com, melayani pembelian obat secara online. Tidak hanya melayani pengiriman obat melalui paket, kerjasama Apotek K-24 dan Obat24.com juga melayani pengantaran obat langsung ke rumah pasien, selama 24 jam nonstop. Apotek K-24 dan Obat24.com juga memberikan fasilitas layanan antar dalam satu jam, atau One Hour Delivery bagi pelanggan. Sekarang berbelanja obat semakin mudah, cepat, dan tentu saja tetap terjamin keasliannya.