KEBIASAAN INI BISA BIKIN KAMU TERHINDAR DARI COVID-19 LHO, CATAT YUK!

Saat menghadapi pandemi virus corona, bisa dibilang jika sistem kekebalan tubuh yang baik merupakan prioritas utama bagi sebagian besar orang. Karenanya, untuk menghindari kondisi tubuh yang menurun, sangat penting untuk memulai kebiasaan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral, menjaga daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan menjalani beberapa kebiasaan. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa membantu tubuh anda untuk mencegah berbagai virus penyebab penyakit. Jangan lupa dicatat ya!

Kurangi Stress

Stress bisa dengan mudah menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, Anda perlu mengelola stress dengan baik melalui berbagai rutinitas keseharian. Misalnya dengan melakukan meditasi, olahraga, istirahat dengan cukup, hingga menghirup aroma terapi.

Tidur dengan Cukup

Kurang tidur rupanya memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Menurut penelitian dari University of Chicago, orang yang hanya tidur sebanyak empat jam semalam selama satu minggu bisa menghasilkan setengah jumlah antibodi pelawan flu jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan cukup, yaitu sebanyak 7 atau 8 jam per hari.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Saat tubuh mengalami dehidrasi ringan, maka respon stress dapat menekan respon kekebalan tubuh. Karenanya jangan sampai dehidrasi ya Sobat Sehat! Rutin minum putih sangat baik dan dianjurkan agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik.

Rutin Berolahraga

Olahraga terbukti memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Menurut Harvard Health, jika dilakukan dengan rutin dan teratur, olahraga bisa meningkatkan sirkulasi dengan baik. Sehingga sel dan zat sistem kekebalan dapat bergerak bebas ke seluruh tubuh dan dapat bekerja secara efisien.

Berpikir dengan Positif

Memiliki pikiran yang positif rupanya bisa berdampak dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh lho. Menurut studi dari University of Kentucky, orang yang lebih optimis memiliki kekebalan yang dimediasi oleh sel yang lebih kuat untuk menangkal invasi virus atau bakteri asing pada tubuhnya. Karenanya, selalu penuhi pikiran dengan hal-hal yang positif dan hindari hal negatif agar tubuh tetap kuat ya Sobat Sehat!

Selain melakukan beberapa kebiasaan tersebut, pastikan juga untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi ya agar perlindungan tubuh bisa lebih optimal. Jika perlu, Sobat Sehat juga bisa mengkonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan yang bisa didapatkan di Apotek K-24. Stay safe & healthy!


Source:

Dilansir dari berbagai sumber